Momen Libur Panjang, Dispar Gunungkidul Gencar Tawarkan Desa Wisata Tepus

Momen Libur Panjang
Salah satu keindahan pantai di wilayah Gunungkidul,Yogyakarta. (Foto: Unplash/aris forgen)

TURISIAN.com – Momen libur panjang memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 2023 tak disia-siakan, Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Mereka, terus mempromisikan beberapa tempat wisata. Salah satunya desa wisata Tepus.

Dalam upayanya untuk mengangkat kunjungan wisatawan ke wilayah ini, mereka bersama pemangku kepentingan terkait memberikan pesan penting.

Bahwa,  destinasi wisata Gunungkidul adalah tempat yang aman dan nyaman untuk dikunjungi.

BACA JUGA: Ledakan Wisatawan ke Gunung Kidul Diperkirakan Mulai 20 Desember

Sementara itu, Oneng Windu Wardhana, Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Rabu 27 September 2023  memaparkan strategi mereka.

Dia menyatakan pentingnya mengatasi tantangan yang ada, salah satunya adalah skenario buka tutup jalan Yogyakarta – Wonosari yang selama ini menjadi pintu utama bagi wisatawan dari sisi barat.

Penurunan Kunjungan

Kebijakan ini telah mempengaruhi kelancaran lalu lintas, dengan konsekuensi serius terhadap jumlah kunjungan wisatawan.

Penurunan kunjungan mencapai angka sekitar 20 persen jika dibandingkan dengan kunjungan pada masa normal. Pengaruh buruk buka tutup jalan ini juga dirasakan oleh bus-bus besar yang membawa rombongan wisata.

BACA JUGA: Event Sports Tourism Bola Voli Pantai Gunung Kidul Digelar, Ini Jadwalnya

Mereka harus rela kehilangan waktu berharga, sehingga banyak yang memutuskan untuk mengubah rencana perjalanan mereka.

Namun, dalam keterangannya, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Gunungkidul, Sunyoto, mengungkapkan bahwa tidak ada persiapan khusus yang dilakukan untuk menghadapi libur panjang ini.

Dia mencatat bahwa kunjungan wisatawan pada bulan Agustus lalu kurang memuaskan, dan tingkat kunjungan yang rendah menjadi penyebabnya.

BACA JUGA: Jelajahi Warisan Budaya Dunia Sumbu Filosofi Yogyakarta, Dispar Siapkan Paket Wisata

Meskipun demikian, Sunyoto melaporkan adanya peningkatan okupansi hotel-hotel pada bulan September ini jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

“Untuk bulan September, kami mulai melihat geliat peningkatan sekitar 20 persen. Kami berharap kondisi ini akan semakin membaik menjelang akhir September dan awal Oktober,” katanya dengan optimisme.

Momen libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW 2023 menjadi ajang bagi Dinas Pariwisata Gunungkidul untuk terus berjuang mengangkat potensi pariwisata mereka.

Dan menunjukkan kepada wisatawan bahwa Gunungkidul adalah tujuan wisata yang menarik, meskipun ada tantangan dalam hal aksesibilitas.

Semoga upaya mereka mendapatkan hasil yang memuaskan dan memberikan dorongan positif bagi industri pariwisata di daerah ini.

Pos terkait