Jenang Gempol, Kuliner Legendaris di Pasar Pujokusuman Yogyakarta

Jenang Gempol
Pengunjung rela antre untuk mendapatkan Jenang Gempol Bu Yah di Pasar Pujokusuman, Yogyakarta. (Instagram/@jenanggempolbuyah)

TURISIAN.com – Kalau Sobat Turisian sedang jalan-jalan di Kota Yogyakarta, mampir deh ke Pasar Pujokusuman. Ada jenang gempol yang bener-bener legendaris lho!

Nah, penjualnya namanya Bu Yah, dan dia udah jualan jenang gempol ini lebih dari 40 tahun, bro!

Jenang gempol ini itu jajanan khas Jogja yang isinya ada jenang dari tepung beras dan gula Jawa. Plus, ada gempol putih yang bentuknya bulat-bulat gitu, dicocol pake kuah santan, maknyus banget deh!

Rasanya manis legit banget, biasanya enak banget buat sarapan. Penjualnya, Bu Yah, atau yang sebenernya namanya Dakiyah, udah jadi legenda banget di sini, ya!

BACA JUGA: Suluh Sumurup Art Festival Hadir di Taman Budaya Yogyakarta, Apa Saja Yang Dipamerkan?

Gue sempet tanya Dakiyah, dia bilang dia udah jualan ini sejak anaknya masih SD, sampe sekarang udah anaknya ikutan jualan.

Jadi, udah sekitar 40 tahun gitu, bro!

Awalnya, Bu Yah jualan di Pasar Wirobrajan dan Beringharjo, tapi baru belakangan ini dia pindah ke Pasar Pujokusuman.

Menghabiskan 10 Kg Tepung Beras

Jenang Gempol Bu Yah.

Terus, makanan khas Jogja ini juga bisa kalian temuin di depan SD 1 Kotagede dan di kios kecil di Pasar Legi, Patangpuluhan.

Yang serunya lagi, dua kios itu dikelola sama anak-anaknya, dan rasanya sama persis kayak yang dijual sama Bu Yah, karena dibuat dari satu panci.

BACA JUGA: Berburu Kuliner di Yogyakarta, Ini Rekomendasi 5 Restoran Romantis

Setiap hari, Bu Yah bisa habisin sekitar 10 kg tepung beras buat jualan jenang gempol ini, tapi dulu pas pandemi Corona, dia bisa sampe habisin 25 kg tepung beras, loh! Bener-bener laris manis, kan.

Nah, yang uniknya lagi, jenang gempol Bu Yah disajikan pake daun pisang. Jadi, rasanya tuh bener-bener alami dan khas banget.

Selain itu, Bu Yah nggak pake pemanis buatan, cuma pake gula asli. Jadi semua orang bisa merasain manis legitnya, deh!

BACA JUGA: Bro dan Sis, Ada Paket Wisata Baru Museum Night Fun Walk di Jogja Nih..

Udah pada tau rasanya, makanya langganan terus, bro!

Kalo mau cobain jenang gempol Bu Yah, dia buka setiap hari mulai dari jam 6 pagi. Harganya juga terjangkau, cuma Rp 5.000 aja buat satu pincuk jenang.

Jadi, kalo lagi di Jogja, jangan lupa mampir ke Pasar Pujokusuman buat nyobain jenang gempol legendaris ini, ya! Gak nyesel, deh! ***

Pos terkait