Festival Layangan di Pantas Samas, Berhasil Meraup PAD Rp 290 Juta

Festival Layangan
Ilustrasi. Festival layangan. (Instagram/@selin_diont)

TURISIAN.com – Festival layangan yang digelar di Pantai Samas, Bantul, Yogyakarta akhir pekan kemarin bener-bener bikin ramai pantai selatan. Tak seperti biasanya, keramaian muncul dimana-mana.

Markus Purnomo Aji, Kasi Promosi dan Info dari Dinas Pariwisata Bantul bahkan menyampaikan  data kunjungan wisata di semua tempat Bantul pas weekend tanggal 8-10 September kemarin, naik sekitar lima persen.

Dibanding weekend sebelumnya, yang tanggal 1-3 September, jumlahnya 30.143 orang, guys. Sementara yang sebelumnya itu 39.996 orang, wuih!

Nah, yang paling keren itu di Pantai Barat Bantul, pengunjungnya melonjak 15 persen, dari yang sebelumnya 5.347 orang jadi 6.179 orang. Dampak positif dari festival layangan di Pantai Samas, gitu katanya!

BACA JUGA: Desa Wisata Surocolo Bantul Simpan Banyak Situs Bersejarah yang Menarik

Kebetulan event kayak gini memang bikin wisatawan seneng banget. Soalnya selain bisa menikmati pemandangan pantai yang kece, mereka juga bisa menikmati atraksi seru, kayak festival layangan gitu.

Markus juga bilang, gak cuma pantai selatan Bantul aja yang naik, lho. Wisatawan yang berkunjung ke Gua Selarong di Kecamatan Pajangan Bantul pada hari Minggu tanggal 10 September juga naik drastis, sekitar 160 persen.

Dari 168 orang jadi 438 orang gara-gara ada lomba kreativitas seni. Seru banget kan, guys?

BACA JUGA: Sensasi Jelajah Hutan Mangrove Baros Bantul Yogyakarta

Hasilnya, dari kunjungan wisatawan tanggal 8-10 September itu, Bantul bisa dapet pendapatan asli daerah (PAD) sekitar Rp290,4 juta. Naik, dari libur akhir pekan sebelumnya yang cuma Rp275,2 juta.

Kalau untuk kunjungan wisata selama seminggu dari tanggal 4 sampai 10 September, jumlahnya sekitar 41.621 orang.

Dan PAD-nya sekitar Rp401,6 juta. Naik empat persen, dibanding minggu sebelumnya. Dimana, pada  tanggal 28 Agustus sampai 3 September hanya 39.996 orang dan PAD-nya Rp385,9 juta. Mantap kan, guys? ***

Pos terkait