Destinasi Wisata Baru Bersemi di Kabupaten Lumajang, Ada Museumnya Lho

Kabupaten Lumajang
Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati memandangi beberapa benda bersejarah di Museum Kenangan Semeru. (Instagram/@humas_lumajang)

TURISIAN.com – Keindahan alam dan sejarah menjadi salah satu magnet wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Lumajang, Jawa Tengah.

Kawasan ini telah menjadi rumah bagi destinasi wisata terbaru yang tak hanya mempesona mata, tetapi juga menghidupkan kembali kenangan akan peristiwa bersejarah.

Salah satunya adalah Museum Kenangan Semeru. Sebuah projek kolaboratif antara mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Jember (Unej).

Dimana,  kerjasama yang mereka bangun dengan perangkat Desa Sumberwuluh, telah mencuri perhatian sebagai destinasi wisata edukasi yang menarik.

BACA JUGA: Siti Sundari Bike Park, Destinasi Sport Tourism Sepeda Downhill Lumajang

Tak kurang dari Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Unej Prof. Yuli Witono.

Termasuk, sejumlah dosen dan mahasiswa KKN, ikut meramaikan suasana Museum Kenangan Semeru yang terletak di Dusun Sumber Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang itu.

Kegiatan ini berlangsung pada hari Rabu, 30 Agustus 2023 yang lalu, menghadirkan semangat baru dalam mendukung inisiatif berharga dari para mahasiswa.

Sementara itu Prof. Yuli Witono menyampaikan  rasa kekagumannya terhadap langkah berani mahasiswa KKN ini dalam skema “Unej Membangun Desa”.

BACA JUGA: Nikmati Pesona Keindahan Alam Gunung Wayang Lumajang dengan Paralayang

Inovasi yang mereka usung tak hanya akan membawa dampak positif dalam pengembangan sektor pariwisata, tetapi juga merambah sebagai sarana edukasi yang bernilai.

“Kami mengapresiasi inisiatif mahasiswa KKN dalam program Unej Membangun Desa. Yakni, dengan melakukan inovasi yang dapat berdampak pengembangan sektor pariwisata dan sarana edukasi,” ujar Prof. Yuli.

Namun, keterlibatan Unej tak berhenti di situ. Universitas ini turut berkomitmen dalam mendukung perjalanan Museum Kenangan Semeru untuk menjadi tujuan wisata yang memikat.

BACA JUGA: Yuk Nikmati Beragam Sajian Menarik dari Desa Wisata Pronojiwo Lumajang!

Infrastruktur Pendukung

Sementara aspek infrastruktur pendukung destinasi wisata ini diberikan pada pemerintah desa dan pemerintah daerah setempat.

Dibagian lain, Sekretaris Desa Sumberwuluh, Samsul Arifin, menyatakan tekad bulat untuk mengembangkan dan merawat Museum Kenangan Semeru sebagai destinasi wisata edukasi yang juga menjadi upaya mitigasi bencana.

BACA JUGA: Yuk Refreshing Dulu di Ranu Klakah, Danau Alami Indah di Lumajang!

Tak hanya menjadi kumpulan barang kuno, museum ini mengabadikan momen dahsyat erupsi dan awan panas guguran Gunung Semeru.

Dengan penuh semangat, Samsul Arifin mengungkapkan, beberapa barang yang menjadi saksi dahsyatnya erupsi disertai awan panas guguran Gunung Semeru ada di dalam museum.

”Namun kami terus mengumpulkan dan menginventarisasi barang-barang yang layak ditaruh di dalam museum,’ ujarnya.

BACA JUGA: Asyiik, KA Pandalungan Kini Bisa Berhenti di Stasiun Klakah

Dengan perpaduan antara dedikasi mahasiswa KKN serta semangat dari perangkat Desa Sumberwuluh, telah memberikan wadah baru bagi cerita sejarah dan pendidikan.

Oleh sebab itu, Museum Kenangan Semeru tidak hanya menjadi tempat wisata. Namun, juga menjadi tonggak penting dalam mengenang dan memahami peristiwa bersejarah yang tak boleh dilupakan. ***

Pos terkait