‘Surga’ Bagi Para Gamers, Kabupaten Bekasi Bertekad Wujudkan ‘Kota Esport’

Para Gamers
Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan memberikan tropi kepada para pemenang Turnamen Esports Piala Bupati Bekasi 2023. Foto: Dok.Humas Bekasi

TURISIAN.com – Minggu lalu, tepatnya pada tanggal 27 Agustus 2023, Gedung Wibawa Mukti di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menjadi saksi kehebatan para gamers.

Ketika itu, sebuah event besar, Turnamen Esports Piala Bupati Bekasi 2023 sedang digelar. Acara ini menjadi sorotan karena juga dihadiri Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan, yang memberikan sambutan inspiratif.

“Sudah sejak Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IV Jabar tahun 2022, Kabupaten Bekasi telah membulatkan tekadnya untuk menjadi Ibu Kota Esports Jawa Barat,” ujar Dani saat menutup event ini.

Dengan keyakinan penuh, ia menegaskan bahwa para gamers Kabupaten Bekasi telah berhasil membuktikan tekad tersebut.

BACA JUGA: Kabupaten Bekasi Launching Wisata Industri, Ini yang Ditawarkan Guys

Tak hanya memberikan semangat, Dani juga memberikan pesan kepada seluruh gamers Kabupaten Bekasi.

Ia mendorong mereka untuk terus berprestasi dan menjadikan nama Kabupaten Bekasi harum melalui dunia esports.

Sementara itu, Ketua Esports Indonesia (ESI) Kabupaten Bekasi, Jiovano Nahampun, turut berbicara mengenai perkembangan turnamen ini.

Menurutnya, Turnamen Esports Piala Bupati Bekasi awalnya hanya diperuntukkan bagi peserta dari wilayah tersebut, namun akhirnya melebar hingga diperkenankan untuk umum.

BACA JUGA: Warga Bekasi yang Ingin Mudik ke Kampung Gratis, Ikuti Cara ini

“Kami melihat pentingnya kehadiran tim dari daerah lain. Karena ini bisa menjadi ajang bagi atlet-atlet esports untuk menguji kemampuannya melawan lawan-lawan dari luar Kabupaten Bekasi,” ungkap Jiovano.

Tentu saja, prestasi Kabupaten Bekasi juga menjadi sorotan dalam wawancara tersebut.

Jiovano bangga mengungkapkan bahwa pada tahun 2021, Kabupaten Bekasi berhasil meraih gelar Juara Umum Turnamen Esports Piala Gubernur Jawa Barat.

Prestasi tersebut tidak berhenti di situ, karena tahun 2022, Kabupaten Bekasi berhasil keluar sebagai Juara Umum Porprov XIV Jawa Barat.

BACA JUGA: Bekasi City Sound Kembali Hadirkan Band-band Keren di Distrik Musik Festival

Piala Gubernur Jawa Barat

Namun, untuk tahun 2023, prestasi Kabupaten Bekasi di Turnamen Piala Gubernur Jawa Barat sedikit terkikis.

“Kita meraih posisi juara 3 tahun ini, berbeda dengan tahun 2021 di mana kita meraih posisi juara 1. Ini disebabkan oleh fokusnya atlet-atlet kita dalam Seleksi Nasional (Selekda) untuk PON 2024 di Sumatra Utara dan Aceh. Kita mengirimkan 9 pemain esports dengan target meraih medali emas,” ungkap Jiovano.

Turnamen Esports Piala Bupati Bekasi 2023 menyajikan tiga kategori perlombaan utama: PUBG Mobile, Mobile Legend, dan Free Fire.

BACA JUGA: The Paps Band, Berhasil Menggoyang Penonton Bekasi City Sound

Hasilnya menggembirakan:

Kategori PUBG Mobile:

  • Juara 1: Tim 69 Esports
  • Juara 2: Tim Kraken Enjoy
  • Juara 3: Tim Kuda Terbang goopo.id

Mobile Legend:

  • Juara 1: Timnas Cikarang
  • Juara 2: Tim Sigit Rendang
  • Juara 3: Tim Horn3st

Free Fire:

  • Juara 1: Tim Kraken E-Sport
  • Juara 2: Tim Garuda Wisnu Hellcard
  • Juara 3: Tim Telolet Om

BACA JUGA: Situ Cibeureum, Tempat Rekreasi Gratis di Kabupaten Bekasi

Tidak hanya dihadiri oleh Pj Bupati Dani Ramdan, acara ini juga dihormati oleh kehadiran Kepala Disbudpora Kabupaten Bekasi, Iman Nugraha, pengurus KONI Kabupaten Bekasi, serta Ketua Pengcab ESI Kabupaten Bekasi, Jiovano Nahampun.

Sekali lagi, Kabupaten Bekasi telah membuktikan eksistensinya dalam dunia esports. Sekaligus, mengukuhkan tempatnya sebagai salah satu kekuatan di bidang ini di Jawa Barat.

Semua mata tertuju pada perjalanan mereka menuju PON 2024, di mana para atlet esports Kabupaten Bekasi siap menunjukkan kemampuan terbaiknya dan berjuang untuk meraih emas. ***

Pos terkait