Timah Bangka Belitung, Menyingkap Keindahan dan Sejarah Pertambangan

Bangka Belitung
Pengunjung museum timah sedang mendengarkan penjelasan dari petugas museum. (Instagram/@museumtimahindonesia)

TURISIAN.com – Tidak ada yang lebih memikat dari kemegahan pulau Bangka Belitung di Indonesia, selain sebuah harta karun bersejarah yang tak ternilai harganya: Timah!

Menjadi penghasil timah terbesar di Indonesia, tak heran jika Kota Pangkalpinang membanggakan koleksi terberharga di Museum Timah Indonesia, satu-satunya museum timah di Asia.

Sekaligus, mengukuhkan prestasinya dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri).

Kini, pintu gerbang sejarah pertambangan timah telah terbuka lebar untuk para wisatawan. Museum Timah Indonesia yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani Nomor 179, Batintikal, Gerunggang, Kota Pangkalpinang siap menjamu para tamu.

BACA JUGA: Taman Wisata Labuhan Bangkalan Lakukan Pelestarian Flora dan Fauna

Mengajak pengunjungnya dalam sebuah perjalanan mendalam mengenai sejarah dan perkembangan pertambangan timah di Indonesia.

Menariknya, museum ini dikelola dengan sepenuh hati oleh PT Timah Tbk, sebuah bentuk dedikasi untuk mengabadikan kejayaan industri timah di masa lalu.

Museum ini memiliki banyak keunikan yang sayang untuk dilewatkan. Pengunjung pertama kali akan disambut oleh pemandangan bor tambang peninggalan Belanda yang ikonik.

Alat pertambangan ini, ciptaan ahli geologi Belanda, AJ Akeringa, diproduksi pada tahun 1885 dan menggantikan bor tusuk China abad ke-18.

BACA JUGA: Batik Habangka Akhirnya Lolos ke Ajang API, Gini Ceritanya

Menceritakan Tentang Inovasi

Momen tersebut merupakan jejak sejarah yang menceritakan tentang inovasi dan perubahan dalam dunia pertambangan timah.

Tak hanya itu, pengunjung juga akan dimanjakan oleh keberadaan lokomotif klasik berwarna hitam di halaman depan museum.

Lokomotif ini memiliki fungsi vital sebagai pembangkit listrik untuk memenuhi kebutuhan pertambangan.

Betapa menakjubkannya melihat bagaimana teknologi masa lalu berjalan beriringan dengan kebutuhan zaman.

Koleksi lainnya di Museum Timah Indonesia mencakup alat-alat pertambangan tempo dulu. Seperti wadah penampung hasil tambang dan monitor tambang semprot.

BACA JUGA: Liburan Ke Kota Pangkalpinang, Jangan Lewatkan Destinasi dan Kuliner Enak Ini

Melalui alat-alat tersebut, pengunjung dapat melihat dengan jelas bagaimana proses pertambangan berlangsung di masa lampau. Menggali kekayaan bumi dengan keterampilan dan ketekunan yang tinggi.

Di dalam ruangan museum, pengunjung akan tersuguhkan diorama yang mengisahkan perjalanan awal pertambangan timah di Pulau Bangka, serta informasi mengenai alat-alat pertambangan zaman dahulu.

Tak lupa, diorama ketiga yang memperlihatkan proses modern penambangan timah dan dampaknya bagi kehidupan.

Museum Timah Indonesia juga tak pernah lupa untuk menawarkan hiburan dan inspirasi dalam koleksi pernak-pernik dari timah.

Ruang Sentra Kerajinan Pewter menjadi surga bagi pecinta kerajinan tangan. Di mana beragam plakat, perahu phinisi, truk pengangkut, gantungan kunci, dan bros berbahan dasar timah dipamerkan dengan apik.

BACA JUGA: Menjelajahi 5 Pulau Eksotik di Belitung dalam Sehari

Pulau Bangka

Inilah puncak kepiawaian para perajin timah di Pulau Bangka yang menghasilkan karya-karya menakjubkan. Tentu, dengan sentuhan tangan mereka yang ulung.

Pengunjung bahkan dapat membawa pulang koleksi unik ini sebagai buah tangan yang istimewa.

Jangan lupa untuk mengagumi koleksi batuan granit yang mengandung timah. Salah satu penemuan paling berharga dalam sejarah penambangan.

Batuan ini menjadi incaran para penambang yang berusaha untuk memperoleh timah dan turunannya dengan segala keterampilan yang dimiliki.

Tak hanya menjadi pusat informasi dan edukasi, Museum Timah Indonesia juga memperlihatkan produk-produk berbahan dasar timah.

BACA JUGA: Indahnya Pesona Alam Danau Pading Bangka Tengah

Seperti lapisan kaleng kemasan. Mengagumkan bagaimana timah yang berharga ini diolah menjadi berbagai produk konsumen yang berguna bagi masyarakat.

Untuk memperluas wawasan dan menyelami sejarah cemerlang pertambangan timah, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Museum Timah Indonesia.

Dapatkan pengalaman tak terlupakan dan temukan keindahan di balik harta karun timah Indonesia yang mengilhami generasi masa depan.

Museum ini telah siap menyambut Anda setiap Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, dan Minggu, mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Nikmati petualangan berharga ini, dan raih pengalaman tak tergantikan di Museum Timah Indonesia! ***

Pos terkait