Pemerintah Kota Tomohon Belajar Ekonomi Kreatif ke Bali, Ini yang akan Diraih

Pemerintah Kota Tomohon
Festival Bunga Tomohon sudah menjadi agenda event tahunan yang diminati wisatawan. (Dok.iStock)

TURISIAN.com – Pemerintah Kota Tomohon dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau, Tegulandang, dan Biaro (Sitaro) Provinsi Sulawesi Utara gerak cepat (gercep).

Mereka tak ingin melewatkan kesempatan berharga untuk mempelajari potensi ekonomi kreatif yang berkembang di Ibu Kota Provinsi Bali, Kota Denpasar.

Dalam kunjungan yang penuh semangat ini, mereka berharap dapat mengadopsi berbagai program dan keberhasilan yang telah diraih oleh Dekranasda Kota Denpasar.

Di tengah suasana yang penuh antusiasme, Wali Kota Tomohon, Caroll Joram Azarias Senduk, menegaskan, Kota Denpasar telah menjadi primadona sektor ekonomi kreatif.

BACA JUGA: Festival Bunga Tomohon Tahun Ini Bakal Lebih Semarak Bro!

Selain itu juga memiliki program-program unggulan di bawah naungan Dekranasda.

“Inilah yang ingin kami pelajari dan terapkan di daerah kami,” kata Caroll.

Caroll menyampaikan hal tersebut saat melakukan kunjungan ke Denpasar, baru-baru ini.

Rombongan yang dipimpin oleh Caroll Joram Azarias Senduk, juga menyertakan Wakil Bupati Sitaro, Sulawesi Utara, John Palandung.

Mereka kemudian, diterima oleh Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa.

BACA JUGA: Seru, Wisata Main Air di Tukad Bindu Denpasar Bali

Selain kedua pemimpin tersebut, Wenny Lumentut, Wakil Wali Kota Tomohon. Serta Ida Bagus Alit Wiradana, Sekretaris Daerah Kota Denpasar turut hadir dalam kesempatan tersebut.

Mereka hadir untuk mendukung langkah-langkah strategis dalam mewujudkan kemajuan kedua daerah, terutama di berbagai sektor yang berpotensi.

Sebagaimana diketahui, Kota Tomohon memiliki luas wilayah  147,21 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sebanyak 106.917 jiwa. Memiliki lima kecamatan dan 44 kelurahan.

BACA JUGA: Pasar Malam Shindu, Spot Wisata Kuliner Murah Meriah di Denpasar

Dengan keunikan geografisnya yang berada di daerah pegunungan dengan iklim sejuk, Tomohon dikenal sebagai kota pertanian agroindustri dan pariwisata.

Di mana sektor pertanian memberikan sumbangan sebesar 70 persen terhadap pendapatan masyarakat setempat.

Ekonomi Berbasis Kreatif

“Dalam upaya pengembangan ekonomi di luar sektor pertanian, kami tertarik untuk mengembangkan potensi ekonomi berbasis kreatif di Kota Tomohon,” jelasnya.

“Melalui kunjungan ini, kami berharap dapat memperoleh wawasan dan pengetahuan dari Kota Denpasar yang dapat kami terapkan di daerah kami,” sambung Caroll.

BACA JUGA: Pasar Tomohon, Destinasi Wisata di Sulawesi Untuk yang Bernyali Besar

Sementara itu, Wakil Wali Kota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa, menyambut dengan terbuka kunjungan dari pihak Pemerintah Kota Tomohon.

Ia menegaskan, Kota Denpasar siap untuk berbagi pengetahuan dan melakukan kolaborasi dengan wilayah lain, termasuk Kota Tomohon.

“Dalam situasi seperti ini, kolaborasi menjadi kunci utama, terutama dalam mengembangkan sektor ekonomi kreatif,” tandasnya.

Kadek pun pun berbagi pengetahuan dan pengalaman mengenai ekonomi kreatif. Serta berkolaborasi dengan wilayah lain dalam pengembangan sektor tersebut.

BACA JUGA: Yuk Belajar Pertanian di Wisata Subak TEBA Majalangu Denpasar Bali!

Setelah berdiskusi dan saling bertukar informasi, kedua belah pihak merasa terinspirasi dan penuh semangat.

Momen ini ditandai dengan pertukaran cenderamata yang merupakan buah tangan khas dari masing-masing daerah.

Hal ini menunjukkan komitmen yang kuat untuk memperkuat kerjasama dan saling mendukung.

Khususnya, dalam mengembangkan ekonomi kreatif, serta membawa kedua daerah menuju kemajuan yang lebih baik di masa depan. ***

Pos terkait