Festival Bunga Tomohon Tahun Ini Bakal Lebih Semarak Bro!

Festival Bunga Tomohon
Tomohon Internasional Flower Festival atau Festival Bunga Tomohon terakhir digelar pada 2019. Pada tahun ini (2023) event serupa akan kembali digelar. (Instagram/@wiraseto

TURISIAN.com – Brosis, dengerin berita baru nih! Ada kabar seru buat kamu yang suka festival-festival keren. Tomohon International Flower Festival (TIFF) alias Festival Bunga Tomohon bakal digelar lagi di Tomohon, Sulawesi Utara, pada tanggal 12 Agustus 2023.

Festival ini biasanya diadain tiap tahun, cuma tahun lalu aja gak bisa karena ada pandemi. Tapi tahun ini, acaranya bakal balik lag. Lebih semarak dan seru abis, bro!

Lucy Goni, Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kota Tomohon, hari ini Jumat 19 Mei 2023 di Mall Kota Kasablanka mengetakan bahwa event ini diharapkan bisa menarik banyak wisatawan.

Gimana sih acaranya? Nah, TIFF ini tuh karnaval yang bener-bener tema bunga. Bakal ada acara seru sepanjang seminggu. Dan semua karnaval bakal tampil barengan di hari puncak, tanggal 12 Agustus 2023.

BACA JUGA: China Dominasi Kunjungan Wisman di Sulawesi Utara

Mobil-mobil dihiasin bunga, bajunya juga pada tema bunga, semuanya nuansa bunga gitu, bro!

Ngomong-ngomong soal bunga, bunga-bunga yang dipake di TIFF ini asli dari Tomohon, hasil pertanian masyarakat lokal, bro.

Bunga krisan tuh yang paling banyak ditemuin di sana. Tapi jangan khawatir, hanya sekitar 20 persen aja yang pake bunga dari luar Tomohon.

Selain karnaval bunga yang super keren, ada juga festival budaya dan kuliner khas Tomohon yang bikin perut kamu ngiler. Ada makanan khas kayak abon roa, abon cakalang, kue-kue enak, klappertaart. Dan yang pasti gak boleh ketinggalan, gula aren khas Tomohon, bro!

BACA JUGA: Perputaran Ekonomi Wisatawan di Moment Lebaran Naik Jadi Rp240 Triliun

Kalo kamu mau dateng ke Tomohon buat nonton Festival Bunga Tomohon tahun ini, gampang banget, bro! Bisa pake transportasi online aja. Udah lancar kok transportasinya ke sana, sekitar 20 kilometer dari Kota Manado.

Nah, menurut informasi resmi dari laman Tomohon International Flower Festival, karnaval ini udah digelar sejak tahun 2008. Awalnya acaranya dua tahun sekali, di tahun 2010, 2012, dan 2013.

HUT Kota Tomohon

Tapi semenjak tahun 2015, acaranya udah jadi tahunan, bro!

Awalnya, TIFF ini bermula dari perayaan HUT Kota Tomohon pada Januari 2006. Waktu itu, pemerintah kota mengadain parade bunga yang mobil-mobilnya dihiasin bunga-bunga keren.

BACA JUGA : Pasar Tomohon, Destinasi Wisata di Sulawesi Untuk yang Bernyali Besar

Bunga jadi salah satu identitas yang dipake buat promosi pariwisata di Kota Tomohon, karena udah jadi bagian budaya dan kehidupan masyarakat di sana.

Gimana, bro? Pasti seru banget kan acaranya? TIFF ini emang udah bikin banyak dampak positif buat perkembangan daerah, jadi Pemerintah Kota Tomohon selalu semangat buat ngadain acara ini tiap tahun.

Udah banyak wisatawan dalam dan luar negeri yang datengin acara keren ini, bro!

Jadi, jangan sampe ketinggalan, markirin tanggal 12 Agustus 2023 di kalender kamu. Dan siap-siap buat merapat ke Tomohon, Sulawesi Utara!

Bakal ada festival karnaval bunga yang nggak boleh kamu lewatkan. Kuliner khas yang bikin perut kamu kenyang, dan tentunya pengalaman seru yang nggak bakal terlupakan.

BACA JUGA: Danau Linow Tomohon yang Menakjubkan, Miliki Tiga Warna Berbeda

Transportasinya juga udah gampang banget, tinggal pesen online aja, bro! Tomohon udah dekat banget dari Kota Manado, cuma sekitar 20 kilometer aja. Jadi, jangan takut ribet, kamu bisa nyampe ke sana dengan mudah.

Pokoknya, Festival Bunga Tomohon ini udah jadi ajang wajib buat dikunjungin, bro! Udah terkenal banget di dalam maupun luar negeri.

Jadi, ayo, ajak temen-temen kamu buat merapat dan rasain serunya TIFF ini bareng-bareng. Pasti bakal jadi momen yang nggak bakal terlupakan deh!

Jangan lupa, simpen energi buat ikutan karnaval, cobain kuliner khas, dan nikmatin keindahan bunga-bunga Tomohon yang eksotis.

So, siap-siap jadi saksi langsung acara keren ini, bro! Siap-siap buat terpesona dengan pesona bunga dan kehidupan kota yang seru di Tomohon. Sampai jumpa di Festival Bunga Tomohon tahun ini! ***

Pos terkait