KKJ-PKJB 2023 Gelar Karnaval Paling Meriah di Jawa Barat, Tampilkan Berbagai Kreasi

KKJ-PKJB 2023
Peserta helaran KKJ-PKJB 2023 dari Kabupaten Indramayu saat melintasi Main Stage Gedung Sate, Sabtu 8 Juli 2023. (Foto-foto Turisian.com/Duta Ilham)

Parade Helaran KKJ-PKJB 2023

KKJ 2023-3
KKJ 2023-8
KKJ 2023-4
KKJ 2023-6
KKJ 2023
KKJ 2023-2
KKJ 2023-1
KKJ 2023-5
KKJ 2023-7
KKJ 2023-3 KKJ 2023-8 KKJ 2023-4 KKJ 2023-6 KKJ 2023 KKJ 2023-2 KKJ 2023-1 KKJ 2023-5 KKJ 2023-7

TURISIAN.com – Perhelatan Karnaval Karya Kreatif Jawa Barat dan Pekan Kerajinan Jawa Barat atau KKJ-PKJB 2023 yang berlangsung di Gedung Sate, Kota Bandung Sabtu, 8 Juli 2023, mampu memukau pengunjung.

Masing-masing suporter dari 26 daerah dan kota Se-Jawa Barat menggema di depan pelataran Gedung Sate. Suara sorakan mereka memenuhi udara. Seperti yang dilakuka pendukung karnaval dari Kabupaten Garut–yang tercatat paling banyak.

Pantauan Turisian.com, mereka tak henti-henti meneriakan yel-yel “Garut Juara” dan “Garut Kahiji,”. Suaranya menggema di hadapan panggung kehormatan yang dihadiri oleh pejabat tinggi.

Tak dapat dipungkiri, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, ikut merespons kegembiraan peserta karnaval dari Garut dengan melambaikan tangan sebagai bentuk apresiasi.

BACA JUGA: Ini 54 Karya Budaya yang Ditetapkan menjadi WBTB Jawa Barat Tahun 2023

Ucapan selamat pun disampaikan kepada perwakilan Garut yang naik ke panggung untuk memberikan cinderamata berupa kerajinan ukir kayu berbentuk naga.

“Selamat ya, terima kasih,” ujar Ridwan Kamil, yang didampingi oleh Ketua Dekranasda Jawa Barat, Atalia Praratya Kamil.

Tidak hanya itu, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat, Herman Muchtar, juga memberikan apresiasi atas pelaksanaan KKJ-PKJB 2023.

Ia berpendapat bahwa acara ini memiliki potensi besar untuk menarik wisatawan dari luar Jawa Barat.

“Saya melihat yang hadir sekarang hanyalah pendukung dari masing-masing daerah dan kota,” ujarnya dengan antusias.

BACA JUGA: Menparekraf Kunjungi Desa Wisata Selamanik Ciamis dan Coba Arung Jeram Cimuntur

Perlu adanya kolaborasi

Herman Muchtar yang turut hadir dalam acara tersebut berharap agar sebelum melaksanakan event semacam ini, pelaku industri akomodasi seperti hotel dan restoran juga diundang.

Menurutnya, kolaborasi yang kuat diperlukan dalam mempromosikan acara-acara berkualitas seperti ini agar wisatawan dapat mengetahui dan berkunjung ke Bandung.

Acara KKJ-PKJB 2023, yang memasuki hari kedua, menampilkan Fashion Show dan Helaran Karya Kreatif Jawa Barat, yang dimulai pukul 08.30 WIB di Main Stage Gedung Sate.

BACA JUGA: Buruan Ikut Tantangan Inacraft Challenge Ridwan Kamil, Simak Caranya

Kegiatan ini menampilkan berbagai karya seni dan kreativitas yang luar biasa dari Jawa Barat. Mulai dari karnaval, demo tea mixology, handcrafted artisanal Indonesian Tea, talkshow meramu masa depan teh, hingga penampilan spesial dari Fabio Asher dan Judika.

Fun Sunday

Sejalan dengan tema ekonomi hijau yang diusung, KKJ-PKJB 2023 juga menyelenggarakan sesi tambahan yang menarik, yaitu Fun Sunday.

Sesi Fun Sunday merupakan kegiatan olahraga Zumba bersama di area Main Stage Gedung Sate dan sepanjang Jalan Diponegoro, Bandung pada Minggu, 9 Juli 2023, dimulai pukul 06.00 WIB.

Kegiatan Zumba ini terbuka untuk seluruh warga Bandung yang ingin bergabung.

BACA JUGA: Pasar Kreatif Kota Bandung Kembali Digelar, Catat Tanggalnya ya

Sebagai acara penutup, closing ceremony KKJ-PKJB 2023 akan diadakan pada Minggu, 9 Juli 2023, dimulai pukul 15.30 WIB di Main Stage Gedung Sate.

Pada kesempatan ini, pemenang dari berbagai kompetisi yang telah diadakan akan diumumkan. Serta informasi seputar penjualan dan bisnis matching UMKM selama gelaran KKJ-PKJB 2023.

Tidak kalah menarik, penutupan acara ini akan dimeriahkan dengan penampilan istimewa dari Nidji.

BACA JUGA: Connecti:City 2023, Ajang Anak Muda Masuk Industri Kreatif, Pembicaranya Keren Lho

Selama rangkaian kegiatan Sinergi Karya Kreatif Jawa Barat dan Pekan Kerajinan Jawa Barat, lebih dari 100 UMKM. Khususnya, yang masuk katergori unggulan Jawa Barat akan memamerkan produk kriya.

Termasuk, fashion, kuliner, dan industri kreatif premium mereka.

Acara ini juga dilengkapi dengan berbagai booth interaktif, sesi edukasi literasi untuk mendukung konsumen cerdas dalam mengakses produk layanan keuangan dan pembayaran.

Fashion show dan helaran lainnya akan secara interaktif memperlihatkan produk-produk unggulan Jawa Barat dengan detail. ***

Pos terkait