Sumedang, Tempat Paralayang yang Keren Banget Buat Pecinta Adrenaline!

Sumedang
Waduk Jatigede di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat yang menjadi salah satu objek wisata unggulan. Foto: Turisian.com/Duta Ilham

TURISIAN.com – Denger-denger, Sumedang tuh punya alam yang super kece, bro! Ada gunung, bukit, lembah, pokoknya lengkap deh!

Makanya gak heran kalo kabupaten ini dijuluki Het Paradijs Van Java alias Surga di Pulau Jawa oleh fotografer asal Belanda, si Wijnand Elbert Kerkhoff.

Bahkan dia bikin buku foto keren tentang Sumedang, judulnya “Sumedang: Surga di Pulau Jawa.”

Dengan kondisi alam yang keren abis, daerah iniĀ  juga jadi surga buat para pecinta olahraga paralayang.

Enggak heran kalo kemudian ada beberapa tempat keren buat para pilot paralayang buat terbang bebas di langit.

Nah, di Indonesia, area paralayang dibagi jadi tiga level tantangan berdasarkan kondisi alam dan arah angin.

BACA JUGA: Taman Seribu Cahaya, Tempat Wisata Baru di Sumedang

Level pertama paling cocok buat pemula, level tiga buat yang udah jago banget, khusus buat para pro.

Ini dia daftar tempat seru buat paralayang di Sumedang:

Nikmatin Pemandangan Persawahan

Batu Dua Sumedang

Lokasinya di Gunung Lingga, dekat Desa Cimarga, Kecamatan Cisitu. Tempat paralayang ini punya tingkat kesulitan level 3, bro! Jadi buat yang udah jago aja.

Di sini kamu bisa nikmatin pemandangan perbukitan, persawahan, dan pemukiman warga yang keren banget! Fasilitasnya juga lengkap, ada tempat parkir, toilet, musala, dll.

Buat menuju ke sini, kamu bisa pilih dua rute. Pertama, dari jalan Raya Sumedang-Wado, pas sampe di Kecamatan Cisitu, belok ke Kasongambang, Ramoseh-Batudua-Cimarga.

Atau lewat Jalan Raya Sumedang-Wado, pas sampe di Kecamatan Cisitu atau Desa Cinangsi, belok ke Pasiringkig-Ciumpleng-Cimarga.

BACA JUGA: Keindahan Waduk Jatigede Sumedang Saat Ini, Ada apa Saja?

Bukit Toga Sumedang

Ini dia tempat paralayang yang seru banget, bro! Lokasinya di Kampung Toga, daerah Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan. Di sini, kamu bisa dapetin pemandangan keren dari pusat kota Sumedang. Makanya gampang banget buat dijangkau. Tingkat kesulitannya level 1, cocok banget buat yang lagi belajar atau latihan paralayang. Dari Alun-alun Sumedang, jaraknya cuma sekitar 5 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 20 menit, baik pake motor atau mobil.

Waduk Jati Gede

Taman Seribu Cahaya

Ini nih tempat paralayang yang unik banget! Lokasinya ada di Taman Seribu Cahaya, Waduk Jatigede. Di sini, selain paralayang, ada juga wahana wisata lainnya yang seru abis, bro!

Yang bikin seru, area takeoff-nya langsung menghadap ke Waduk Jatigede, dan tempat mendaratnya ada di pesisir waduk yang keren banget.

Di sini, ada dua landasan mendarat yang seru. Nah, yang satu ini unik banget, bro! Pas mendarat, kita akan dijemput pake perahu nelayan, keren kan?

BACA JUGA: Selain Waduk Jatigede, Ini 5 Spot Wisata Menarik di Sumedang

Lokasi paralayang Taman Seribu Cahaya ini ada di Blok Pangupukan, Desa Pakualam dan Desa Karangpakuan, Kecamatan Darmaraja.

Dari atas bukit waduk Jatigede, kamu bisa nikmatin pemandangan indah berupa pegunungan, perbukitan, dan air yang luas banget.

Buat yang baru belajar atau pemula, tempat paralayang ini cocok banget, tingkat kesulitannya level 1.

Nah, itu dia beberapa tempat keren buat paralayang bro! Buat kamu yang suka tantangan dan pengen nikmatin keindahan alam Sumedang sambil terbang bebas di udara, wajib coba deh tempat-tempat seru ini.

Jadi, persiapkan parasutmu dan nikmati sensasi paralayang di Sumedang, Surga dari Pulau Jawa. ***

Pos terkait