Dari Desa Wisata Hargotirto Kita Bisa Menikmati Keindahan Perbukotan Manoreh

Desa Wisata Hargotirto
Area Camping Park yang disiapkan pengelola Desa Wusata Hargotirto. (Instagram/@desawisata_hargotirto))

TURISIAN.com – Wah, ada nih tempat hits banget buat foto-foto kece di Daerah Istimewa Yogyakarta! Namanya Desa Wisata Hargotirto, guys. Kabarnya, tempat ini masuk dalam babak 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 dari Kemenparekraf, loh!

Bukan main, keindahan alam di sini luar biasa! Kamu bisa ngeliatin pemandangan Perbukitan Menoreh dan Waduk Sermo dari dua spot keren. Yakni puncak Pule Payung dan Gunung Gajah. Dari sini, view-nya super joss, tinggi-tinggi pula!

Tapi bukan cuma pemandangan alamnya aja yang oke, di Desa Wisata Hargotirto kamu juga bisa ikutan seru-seruan bareng penduduk lokal, lho.

Mereka ngajarin kita bikin batik, main gamelan, dan bikin gula semut. Seru banget, kan?

BACA JUGA: Pameran Foto Kilas Pitulas Mengenang Gempa Bumi di Yogyakarta, Seru Lho Guys..

Nah, buat yang mau merasakan pengalaman seru lebih lama, bisa banget nginep di sini. Ada homestay yang bisa kamu pilih. Seperti Homestay Sutrisno dan Homestay Jemiran.

Selama nginap, kamu juga bisa ikutan kegiatan outbound, naik jip, atau susur sungai. Asyik banget kan!

Setelah puas ngejelajah desa ini, jangan lupa beli oleh-oleh, ya. Ada kain batik, madu asli, dan gula semut yang bisa kamu bawa pulang. Biar bisa kenang serunya liburan di Desa Wisata Hargotirto!

Info tambahan, guys, Desa Wisata Hargotirto berada di Kecamatan Kokap. Dari Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), jaraknya sekitar 21 kilometer. Atau,naik kendaraan sekitar satu jam. Jadi, jangan sampai kelewatan tempat keren ini!

BACA JUGA: Cuti Bersama Juni 2023, Liburan ke Yogyakarta atau Bandung? Ini Rekomendasi Destinasi Buat Kalian

Tempat Kuliner

Eits, jangan ketinggalan juga nih info kuliner di sekitar Desa Wisata Hargotirto! Pas banget buat kamu yang doyan makan-makan. Di sekitar desa ini ada beberapa tempat kuliner yang patut dicoba, nih:

  1. Warung Makan Bu Dermi: Tempat makan yang legendaris di daerah ini. Di sini kamu bisa menikmati berbagai masakan tradisional khas Yogyakarta yang super enak. Cobain nasi gudeg, ayam goreng, dan sambalnya yang pedas-kenyel!
  2. Rumah Makan Ikan Bakar Mbah Marto: Buat kamu pecinta seafood, wajib banget mampir ke tempat ini. Ikan bakarnya juara, gurih dan lezat banget. Ditemani dengan nasi hangat dan sambal pedas, pasti bikin lidah kamu bergoyang!
  3. Warung Kopi Ndoro Donker: Buat kamu yang suka kopi, jangan lewatkan tempat keren ini. Di sini kamu bisa menikmati kopi yang disajikan dengan gaya klasik. Suasana warung kopi yang nyaman plus aroma kopi yang menggoda, bikin kamu betah nongkrong lama-lama.
  4. Bakso Pak Kumis: Buat penggemar bakso, wajib banget cobain bakso legendaris di daerah ini. Baksonya gede-gede dan kenyal-kenyal, plus kuahnya yang mantap. Jangan lupa tambahkan bawang goreng dan sambal, rasanya makin nikmat!
  5. Sate Klatak Mbah Satinem: Kalo mau makan sate yang beda, cobain deh sate klatak di tempat ini. Dagingnya empuk dan bumbunya meresap banget. Makannya sambil ngerujak, jadi sensasinya makin dapet!

Jadi, setelah puas berwisata dan beraktivitas di Desa Wisata Hargotirto, jangan lupa mampir ke tempat-tempat kuliner ini untuk menambah kenikmatan liburan kamu!

Pos terkait