Bisnis Kuliner ‘Dadakan’ di Hari Raya Idul Fitri, Kue Kering ini Bisa Dicoba

Bisnis Kuliner
Kue semprit ini menjadi salah satu ciri khas kue lebaran yang dihidangkan saat Idul Fitri. Foto: Dok. iStock

TURISIAN.com – Mumpung masih ada waktu. Bisnis kuliner menyambut Idul Fitri masih berpeluang meraup untung. Terlebih lagi menjelang Hari Raya Idulfitri. Kebutuhan akan kuliner khas Lebaran tentu meningkat.

Salah satu ide bisnis menjelang Lebaran yang cukup moncer adalah bisnis kue kering lebaran.

Bisa dibilang bisnis kue kering lebaran jadi bisnis musiman yang cukup menggiurkan. Sebab, menjelang Hari Raya Idulfitri, banyak orang mencari kue kering lebaran.

Ada untuk konsumsi sendiri dan juga  untuk diberikan pada keluarga, kerabat terdekat, atau bahkan sebagai bingkisan parcel.

BACA JUGA: Antisipasi Ledakan Wisatawan Saat Libur Lebaran, Ini Instruksi Bupati Purwakarta

Namun, agar bisnis kue kering lebaran tetap kompetitif di tengah ketatnya persaingan di subsektor kuliner. Kalian,  harus memberikan ide-ide segar pada kue kering yang akan kita jalani.

Inovasi Kue Kering Khas Nusantara

Perlu diingat, salah satu kunci bertahan di bisnis sektor kuliner adalah inovasi. Kalau biasanya kue kering lebaran identik dengan kue yang itu-itu saja.

Seperti putri salju, nastar, kastengel, hingga kue lidah kucing. Sobat Parekraf bisa berikan pilihan lain pada kue kering lebaran kreasi kita sendiri.

BACA JUGA: Taman Pintar Yogyakarta Siap Sambut Wisatawan di Libur Lebaran

Ide bisnis kue kering lebaran yang cukup menarik dicoba adalah kreasi kue khas nusantara. Seperti yang kita tahu, Indonesia memilih beragam kue khas dari setiap daerah.

Hal ini bisa menjadi peluang bisnis kuliner yang menjanjikan.

Misalnya, kembang goyang khas Betawi, kue sagon khas Yogyakarta, kue blinjo khas Surabaya, kue bangkit khas Riau, putu cangkir khas Makassar.

Atau grubi khas Wonosobo. Semua kue khas nusantara tersebut bisa kita jadikan ide bisnis kue kering lebaran yang menguntungkan.

BACA JUGA: Pasar Turi Baru, Pusat Grosir Terbesar Asia Gelar Bazar Kuliner Ramadhan

Biar lebih menarik, Sobat Turisian bisa mengkreasikan kue-kue kering khas nusantara agar terlihat lebih kekinian.

Sehingga menarik perhatian calon konsumen untuk membeli kue kering kreasi kita.

Contohnya kreasi kue bangkit khas Riau. Kue ini identik dengan bentuk bunga dan daun, kita bisa berkreasi dengan bentuk lainnya.

Misal berbentuk bintang atau hewan, sehingga menarik perhatian para ibu rumah tangga yang mencari kue kering untuk keluarga, khususnya anak-anak.

BACA JUGA: Embung Mini Jrahi Pati yang Elok, Spot Asyik Buat Relaksasi di Akhir Pekan

Atau bisa juga kreasi kue kering lebaran yang terinspirasi dari kue putu cangkir khas Makassar.

Biasanya, putu cangkir terbuat dari beras ketan putih, agar lebih menarik Sobat Parekraf bisa menggantinya jadi beras ketan hitam.

Selain itu, kita juga bisa berkreasi pada isian dan bentuk cetakan dari putu cangkir.

Kreasi Hamper Kue Kering Lebaran

Setelah menentukan kue kering lebaran yang akan diproduksi. Selanjutnya Sobat Turisian harus memikirkan kemasan dan cara penjualannya.

BACA JUGA: Pulau Bali Bakal Dibanjiri Wisdom 7 Hari Sebelum Lebaran

Sekadar tip, daripada menjualnya per toples, akan lebih baik kalau dikemas dalam paket hamper kue kering lebaran khas Nusantara.

Secara tak langsung, satu paket hamper lebaran berisi kue khas Nusantara terlihat lebih menarik, dibandingkan hanya menjualnya per toples.

Ditambah lagi, jika kita membuat hiasan atau kemasan hamper yang menarik, seperti dalam kemasan rotan, kotak kayu, atau besek yang estetik.

BACA JUGA: Wisata Sejarah ke Rumah Inggit Garnasih di Bandung

Nilai jual produk kue kering pun jadi makin tinggi.

Terakhir, kita juga harus memikirkan strategi pemasaran. Paling mudah dengan memasarkan ke tetangga terdekat terlebih dulu.

Namun kalau mau pasar yang lebih luas bisa melalui media sosial maupun jualan di marketplace. Baik itu dengan menggunakan sistem pre-order maupun ready stock.

Bagaimana? Sudah siap mendapat penghasilan tambahan dari bisnis hamper kue kering lebaran. ***

Pos terkait