Embung Mini Jrahi Pati yang Elok, Spot Asyik Buat Relaksasi di Akhir Pekan

Embung Mini Jrahi
Embung Mini Jrahi, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. (Source: TIC Kab. Pati)

TURISIAN.com – Di wilayah Jawa Tengah khususnya banyak sekali lokasi embung atau danau buatan yang berfungsi unutk perairan pertanian atau kebutuhan air lainnya. Selain itu, juga menjadi spot wisata yang asyik buat relaksasi menikmati keindahan alam. Salah satunya seperti Embung Mini Jrahi di Kabupaten Pati.

Embung di Pati tersebut pada dasarnya merupakan tempat untuk menampung kelebihan air yang terjadi pada musim hujan sebagai persediaan air desa saat musim kering. Selama musim kering air akan berguna bagi desa untuk memenuhi kebutuhan penduduk. Biasanya juga bermanfaat untuk menyirami benih-benih pohon durian milik warga setempat.

Di luar fungsi utamanya itu, Embung Mini Jrahi kerap masyarakat setempat manfaatkan sebagai tempat untuk sekadar nongkrong santai, terutama para kaum muda. Sembari menikmati pemandangan pegunungan di Desa Jrahi.

Letaknya yang jauh dari perkotaan, membuat suasananya cukup tenang. Sangat cocok menjadi tempat untuk refreshing atau healing melepas kepenatan. Apalagi udaranya sangat sejuk, segar, dan jauh dari polusi udara.

Kini tempat tersebut semakin menarik untuk Sobat Turisian kunjungi. Sebab di dalamnya warga tanam aneka ikan hias. Kalian pun dapat memberi makan ikan tersebut sesuai dengan pakan yang pengelola sediakan.

Baca juga: Wisata Seru ke Embung Terpus Pati yang Mirip Ranu Kumbolo Semeru

Embung Mini Jrahi memiliki kedalaman hingga 4 meter dan luas mencapai 3.200 meter. Dengan adanya embung ini, para petani setempat sangatlah terbantu untuk mengairi sawah mereka di kala kekeringan melanda.

Ketika berada di objek wisata ini, Sobat Turisian bisa juga berburu foto-foto ekostis berlatar alam. Berupa hamparan embung dan gunung di sekitarnya. Jamin hasil fotonya akan instagenic banget kala kalian menggunggahnya di media sosial.

Lokasi & Harga Tiket Embung Mini Jrahi

Destinasi embung yang satu ini berlokasi di Desa Jrahi, Kecamatan Gunungwungkal, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Berjarak sekitar 37 kilometer dari pusat kota Pati.

Akses menuju ke Embung Mini Jrahi ini bisa menggunakan kendaraan bermotor. Namun kondisi kendaraannya harus fit dan tetap berhati-hati sebab jalannya masih bebatuan.

Baca juga: Serunya Wisata Susur Menikmati Keindahan Gua Pancur Pati

Sementara untuk masuk ke dalam kawasan embung tersebut, Sobat Turisian mesti bayar tiket masuk. Namun jangan khawatir karena harganya sangat terjangkau. Hanya sekitar Rp3.000 per orang, plus tarif parkir kendaraan sebesar Rp2.000.*

Pos terkait