Operasional Tol Cisumdawu Dibatasi Waktu untuk Mudik Lebaran 2023

Operasional Tol Cisumdawu
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri PMK Muhadjir Effendy dan Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengecek kesiapan Tol Cisumdawu, Minggu 9 April 2023. Foto: Dok.Kemenhub

TURISIAN.com – Operasional Tol Cisumdawu (Ciyeunyi-Sumedang-Dawuan) untuk mudik Lebaran 2023 akan dibatasi waktu.

Hal ini dilakukan karena mempertimbangkan aspek keselamatan bagi para pemudik yang melewati jalur tersebut.

“Jadi, kepada saudara-saudara kita yang akan mudik dari Bandung menuju ke arah Cipali sudah bisa melalui tol Cisumdawu,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam keterangan resminya, Minggu 9 April 2023.

Menurut Budi, operasional Tol Cisumdawu sudah mendapatkan izin dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

BACA JUGA: Jalan Tol Cisumdawu Sudah Bisa Dilewati untuk Mudik Lebaran 2023

“Atas izin dari Menteri PUPR, hanya dapat dioperasikan dari siang hari hingga sore pukul 15.00 WIB,” jelas Budi.

Tol Cisumdawu seksi 4, 5, dan 6 dari Cimalaka sampai ke Dawuan akan beroperasi fungsional pada masa mudik Lebaran 2023.

Menhub bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengecek kondisi Tol Cisumdawu seksi 4, 5, dan 6, kemarin.

Ikt serta dalam kesempatan tersebut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy.

Arahan Korlantas Polri

Sementara itu, Menteri Basuki menjelaskan untuk pengaturan lalu lintas jalur Tol Cisumdawu saat dibuka fungsional nanti sepenuhnya akan mengikuti arahan Korlantas Polri.

BACA JUGA: Mengenal Ritual Anrio Sappara, Tradisi Tolak Bala di Kepulauan Selayar

“Apakah akan diberlakukan contra flow, one way atau buka-tutup semuanya mengikuti arahan Korlantas Polri. Artinya, sesuai kondisi di lapangan dengan simulasi yang sudah disiapkan,” ujar Basuki.

Usai dibuka fungsional untuk mudik Lebaran 2023, Basuki menargetkan seluruh ruas Tol Cisumdawu dapat rampung dan mulai beroperasi penuh pada akhir Mei 2023.

“Akhir Mei 2023 paling lambat semua ruas operasional di Cisumdawu, sekaligus untuk mendukung operasional Bandara Kertajati,” katanya.

Sedangkan, Kakorlantas mengatakan jalur Tol Cisumdawu yang baru saja selesai dibangun. Khususnya,  untuk seksi 4, 5, dan 6 pada 15 April 2023 mendatang itu kondisinya masih tidak memungkinkan.

BACA JUGA: Perhatikan, Jadwal Ganjil Genap di Momen Lebaran, Pemudik Wajib Tahu

Setidaknya,  jika dioperasionalkan secara penuh pada masa mudik Lebaran 2023.

“Informasi dari lapangan bahwa daerah masih berkabut. Itu juga riskan, para pengemudi dan kami tidak berharap mereka nanti terjebak pada saat malam hari,” paparnya.

“Sementara kami masih disibukkan dengan lonjakan di jalur Tol Cipali yang memang cukup deras menurut prediksi kami,” sambungnya.

BACA JUGA: Jembatan Kretek II Yogyakarta Jadi Jalur Alternatif Mudik Lebaran 2023

Sebelumnya, tol Cisumdawu seksi 1, 2, dan 3 mulai dari Cileunyi-Jatinangor-Sumedang-Cimalaka telah diselesaikan.

Dan terbukti sangat mendukung kelancaran arus kendaraan pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2023.

Dengan diselesaikannya jalur Tol Cisumdawu seksi 4, 5, dan 6, maka jalur Tol Cisumdawu memiliki panjang total sekitar 65 kilometer (km).

Kehadiran tol itu akan mempermudah akses masyarakat dari Bandung dan sekitarnya menuju ke Bandara Kertajati atau sebaliknya dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 1 jam saja. ***

Pos terkait