Menyusuri Keindahan Sungai Welo Petungkriyono Pekalongan

Sungai Welo
Sungai Welo di Kabupaten Pekalongan, Jateng. (Source: Dinporapar Kab. Pekalongan)

TURISIAN.com – Sobat Turisian pecinta wisata alam wajib mampir ke Sungai Welo. Salah satu objek wisata alam yang lagi hits di Pekalongan. Sebuah sungai yang menyajikan aliran air yang jernih dan berwarna kehijauan, dengan suasana masih alami dan memukau.

Keindahan aliran sungai ini pun menjadi magnet bagi wisatawan. Masyarakat setempat pun mulai mengelola potensi wisata sungai ini. Salah satunya seperti wisata Welo Asri, yang terletak di Desa Kayupuring, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Selain menikmati pesona alam Sungai Welo, di sini Sobat Turisian juga bisa menikmati beragam fasilitas. Mulai dari perlengkapan renang, seperti pelampung dan ban, paket outbound dan panahan, paket body rafting, serta susur sungai yang seru. Bagi yang berminat bermalam, tersedia fasilitas penginapan dan juga camping ground.

Sungai Welo yang mengalir di kompleks wisata Welo Asri tersebut memiliki beberapa titik lokasi yang berbeda level ketinggiannya. Sehingga bisa menyesuaikan dan memilih spot mana yang akan Sobat Turisian nikmati. Pada undakan daerah atas dengan kedalaman yang cukup dangkal bisa kalian gunakan untuk berenang atau sekadar ciblon. Area ini cocok pula untuk pengunjung yang belum pandai berenang.

Selanjutnya di area tengah, menjadi area lorong sungai yang terapit dinding-dinding batu kecil. Spot ini sangat menantang untuk bodyrafting ataupun permainan air lainnya. Namun tetap harus ada pengawasan dari ahli atau petugas pengelola wisata.

Sementara di bagian undakan bawah Sungai Welo, terdapat spot kolam yang cukup dalam. Dengan pemandangan gradasi air yang biru kehijauan yang memanjakan mata. Di beberapa spot pun tersedia gazebo kecil bagi pengunjung untuk menikmati segarnya sungai di tengah kerimbunan Hutan Petungkriyono.

Baca juga: Black Canyon Petungkriyono, Hidden Gem di Pekalongan

Di sini pun Sobat Turisian bisa memuaskan diri berburu foto-foto cantik nan eksotik yang tentunya bakal instagenic banget.  Nikmat pula sebagai tempat untuk merelaksasi tubuh dan pikiran sembari melepas kepenatan.

Fasilitas & Paket Wisata Welo Asri

Kini wisata Sungai Welo Pekalongan tersebut berada di bawah pengelolaan Pokdarwis Welo Asri yang mulai perintisannya sekitar Oktober 2016 lalu. Bekerja sama dengan Perum Perhutani. Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau, hanya Rp5.000 per orang.

Di tempat ini pun sudah tersedia sejumlah fasilitas penunjang, seperti musala, toilet, aula pertemuan, dan lainnya. Kemudian penginapan dengan harga mulai dari Rp100.000 per malam.

Bagi yang suka camping, bisa mendirikan tenda di camping ground dengan tarif per tenda cuman Rp15.000. Tersedia pula peralatan berkemah dengan harga sewa mulai dari Rp40.000. Jadi Sobat Turisian tak repot-repot bawa tenda dari rumah.

Kalau tak ingin repot, Sobat Turisian bisa pilih paket wisata air river tubing Sungai Welo. Tersedia dua pilihan paket wisata. Ada Paket Track Pendek sejauh 800 meter dan Paket Track Panjang sejauh lebih dari satu kilometer.

Untuk Paket River Tubing Track Panjang harganya sekitar Rp75.000 per orang, sedangkan untuk Paket Track Pendek seharga Rp60.000. Harga tersebut sudah termasuk pelampung dan ban, serta fasilitas makan, coffee break, sertifikat, stiker dan lainnya.

Baca juga: Senja di Pantai Pasir Kencana Pekalongan yang Memesona

Sementara untuk aktivitas body rafting, pengelola menyediakan paket dan non paket. Harga untuk sewa pelampung dan bannya hanya sebesar Rp10.000. Dengan harga terjangkau tersebut, Sobat Turisian bisa menikmati pesona Sungai Welo dan menghabiskan liburan yang berkesan di sini.*

Pos terkait