Bukit Sidoguro, Wisata Selfie Kekinian yang Keren di Klaten

Bukit Sidoguro
Bukit Sidoguro Kab. Klaten, Jateng. (Source: klatenkab.go.id)

TURISIAN.com – Buat Sobat Turisian yang senang wisata selfie dengan suasana yang indah dan seru, wajib datang ke Bukit Sidoguro yang keren di Klaten. Di sini pun kalian bisa melihat pesona lanskap kota Klaten dari ketinggian karena tempat ini berada di ketinggian sekitar 300 mdpl.

Dulunya, tempat ini hanya sebuah bukit cadas kering kerontang dan sudah terkenal luas sejak puluhan tahun silam sebagai wisata budaya. Setiap tahunnya, lokasi tersebut kerap menggelar acara meriah pada puncak perayaan pekan Syawalan (Lebaran). Tradisi ‘kirab gunungan’ hingga penyebaran ketupat yang mampu menyedot banyak wisatawan.

Namun setelah revitalisasi dan peresmian pada 29 Desember 2019, Bukit Sidoguro berubah menjadi wahana selfi yang menantang. Lengkap dengan area swafoto, panggung hiburan, tempat kuliner, rest area, hingga taman bermain.

Lanjut lagi ada perbaikan pada tahun 2022, menjadikan kawasan ini  hadir kembali dengan fasilitas yang lebih lengkap. Seperti di bagian bawah terdapat kios-kios UMKM, cendera mata, masjid, showroom, panggung. Serta tak kalah penting ada beberapa kios di atas bukit untuk kuliner UMKM Kabupaten Klaten.

Baca juga: Serunya Foto-foto Underwater di Umbul Ponggok Klaten!

Jam operasional Bukit Sidoguro pun bertambah, yang semula tutup pukul 16.00 WIB, kini tutup pukul 22.00 WIB. Sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan malam Klaten. Tambah lagi adanya penambahan fasilitas lainnya, seperti gazebo untuk menambah daya tarik wisatawan.

Masih ada lagi hal baru lainnya,  yakni empat pohon buatan di puncak bukit yang desainnya mirip konsep taman Gardens by The Bay di Singapura. Tiang-tiang lampu putih menyambut pengunjung menghiasi jalan setapak menuju puncak bukit.

Spot Foto & Lokasi Bukit Sidoguro

Spot foto Bukit Sidoguro pun makin keren, ada satu favorit pengunjung. Yaitu wahana swafoto dengan tiang penyangga melengkung yang puncaknya berbentuk lingkaran. Tak jarang orang-orang rela antre untuk menaikinya dan bergantian hanya untuk mengambil foto.

Ketika berada di sini, Sobat Turisan juga bisa menikmati pesona Rowo Jombor yang indah bersabuk perbukitan hijau yang memanjakan mata. Terlebih saat berada di menara pandang, kalian tak hanya bisa selfie berlatar lanskap Klaten, tap juga ada view Gunung Merapi dan Merbabu yang menjulang gagah.

Baca juga: Unik, Candi Sojiwan di Klaten Punya Relief Berisi Cerita-Cerita Binatang

Destinasi wisata kekinian yang instagrammable tersebut terletak di Sendang Nglebak, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Indonesia. Bukit Sidoguro buka setiap hari, mulai dari pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB. Harga tiket masuknya cukup terjangkau, hanya Rp15.000 per orang.*

Pos terkait