Segarnya Suasana dan Mata Air Alami di Sendang Seruni Banyuwangi

Sendang Seruni Banyuwangi
Sendang Seruni Banyuwangi, Jatim. (Source: Disbudpar Banyuwangi)

TURISIAN.com – Berlibur ke Banyuwangi, Sobat Turisian mesti sempatkan diri mampir ke Sendang Seruni. Sebuah tempat wisata yang menawarkan kolam pemandian dari 7 sumber mata air alami yang mengalir di dasar kolam. Tambah lagi suasananya sejuk dan nyaman karena terletak di kaki Gunung Ijen.

Saat Sobat Turisian datang ke objek wisata tersebut bakal langsung melihat kesegaran dan jernihnya air di kolam. Sangat nyaman buat relaksasi tubuh dan pikiran dari penatnya rutinitas sehari-hari. Serta memanjakan mata dengan pemandangan sekitar yang indah.

Menurut penduduk setempat, berdasarkan cerita nenek moyang mereka, Sendang Seruni dahulunya merupakan sumber mata air yang disebut sumber Seruni. Karena sekelingnya terdapat hutan dan tanaman bunga seruni.

Di kawasan itulah ada 7 sumber mata air jernih menyatu menjadi satu. Sumber mata air ini  mengalir dari salah satu pegunungan. Kemudian membentuk danau kecil yang masyarakat manfaatkan untuk mandi. Bahkan, konon pernah menjadi tempat mandi para  bidadari.

Baca juga: Rekreasi ke Pantai Cacalan Banyuwangi yang Menawan

Masyarakat Osing, penduduk asli Banyuwangi pun menyebutnya dengan nama “Sendang”. Di sekitar sumber mata air tumbuh banyak tanaman bunga seruni. Sehingga mereka memberi nama “Sendang Seruni”.

Selain itu, masyarakat Osing setempat meyakini air dari sendang ini bisa membuat awet muda dan mampu mengurangi penyakit dalam. Serta melepas rasa capek pada tubuh dengan kesegaran air alami di tempat ini.

Setiap satu tahun sekali, di malam satu suro masyarakat Osing setempat mengadakan ritual rutin untuk menghormati leluhur yang terdahulu. Supaya 7 sumber mata air di Sendang Seruni tetap terjaga kelestariannya, serta pengunjung terjaga keselamatannya. Khusus wisatawan perempuan yang sedang berhalangan tidak boleh melewati 7 sumber mata air tanpa seizin dari juru kunci karena cukup sakral.

Lokasi & Fasilitas Wisata Sendang Seruni

Destinasi wisata tersebut terletak di Dusun Sumberwatu, Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Sobat Turisian bisa menempuhnya dengan kendaraan bermotor. Baik roda dua maupun roda empat.

Baca juga: Asyiknya Liburan di Grand Watudodol Banyuwangi yang Banyak Daya Tariknya

Wisata ke Sendang Seruni cukup nyaman dan bikin betah, sebab sudah tersedianya berbagai fasilitas. Di sini terdapat pendopo Seruni, kolam dewasa, kolam anak-anak, gazebo, amfiteater, pojok UMKM kuliner, Taman Seruni, dan lainnya.*

 

Pos terkait