Tamasya Akhir Pekan ke Tahura Lempung Surabaya Sekalian Edukasi Tanaman

Tahura Lempung Surabaya
Tahura Lempung Surabaya. (Source: Disbudporapar Surabaya)

TURISIAN.com – Jalan-jalan mengisi waktu liburan akhir pekan di Kota Surabaya, Sobat Turisian bisa ajak keluarga tamasya ke Taman Hutan Raya (Tahura) Lempung. Tempat ini terbilang objek wisata baru karena baru resmi buka untuk umum pada 2020.

Peresmiannya oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bersama jajarannya. Tepat pada Kamis, 19 November 2020. Lokasinya berada di Jalan Lempung Perdana IV, Kelurahan Lontar, Kecamatan Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Tahura Lempung Surabaya ini memiliki luas sekitar 1,9 hektare dengan tujuan dasarnya menjadi tempat pelestarian alam, tumbuhan, dan ternak. Selain ada pembanguan mini boezem, di lokasi ini juga Sobat Turisian bakal menemukan berbagai jenis tanaman toga serta produktif.

Di sana terdapat tanaman toga seperti ginseng, gondosuli, kejibeling, hingga temu ireng. Sementara tanaman produktif, di antaranya sorgum, sukun, terong hingga mangga. Ada pula papaya california, jeruk nipis, markisa bulat, asam jawa, jati, alpukat, jeruk lemon, markisa lonjong, mengkudu, jahe merah, kunyit.

Baca juga: Yuk ke Food Junction Grand Pakuwon Surabaya, Bisa Kulineran dan Bermain!

Masih ada lagi tanaman lain di Tahura Lempung Surabaya tersebut. Yaitu melati gambir, stevia, jintan, kunyit putih, daun ungu, daun afrika, sirih merah, temu kunci, daun gedi, beluntas. Lalu daun dlingo, daun salam, temulawak, ginseng, gondosuli, daun sambung nyowo, lidah buaya, bawang dayak. Daun keji beling, akar wangi, jambu air, sawo kecik, daun sendok, garut, jambu dersono, sawo manila, dan kelengkeng.

Saat berada di tahura satu ini Sobat Turisian bisa menenangkan pikiran dengan suasana yang asri dan hijau memanjakan mata. Sekaligus melepas rasa penat dari rutinitas sehari-hari.

Lokasi & Fasilitas Wisata Tahura Lempung

Objek wisata taman hutan raya yang satu ini berlokasi di Jalan Lempung Perdana IV Rt.02 RW.05, Kelurahan Lontar, Kecamatan Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur. Sementara itu, untuk fasilitas penunjang wisata di tempat ini sudah cukup memadai.

Baca juga: Menikmati Kesejukan dan Daya Tarik Wisata Taman Flora Bratang Surabaya

Fasilitas pendukung di Taman Hutan Raya (Tahura) Lempung di Kota Surabaya tersebut, di antaranya area parkir, toilet, gudang, kandang ayam. Kemudian tersedia pula playground, gazebo, dan lainnya.*

 

 

Pos terkait