Menikmati Kesejukan dan Daya Tarik Wisata Taman Flora Bratang Surabaya

Taman Flora Bratang Surabaya
Kandang Burung Raksasa di Taman Flora Bratang Surabaya. (Source: Disbudporapar Surabaya)

TURISIAN.com – Di tengah teriknya cuaca Kota Surabaya, Sobat Turisian bisa menikmati kesejukan alam di Kebun Bibit atau Taman Flora Bratang. Selain itu, kalian juga bisa belajar tentang berbagai flora dan kehidupannya di tempat ini.

Taman yang berlokasi di Jalan Manyar 80A, Kota Surabaya, Jawa Timur ini, tak hanya menjadi paru-paru kota. Tapi juga dapat menjadi alternatif pilihan kunjungan wisata saat berlibur di Kota Pahlawan tersebut.

Menempati lahan seluas 2,4 hektare, Taman Flora Bratang Surabaya ini mempunyai ratusan bunga dan puluhan pohon-pohon besar. Sehingga kawasan tersebut memberikan oksigen murni bagi para pengunjungnya.

Di sini Sobat Turisian dapat berkumpul bersama keluarga tercinta. Sekaligus memberikan ruang bagi sang buah hati untuk berekreasi dan belajar tentang berbagai flora ataupun kehidupannya. Selain itu, taman yang biasa disebut dengan techno park ini, juga menyediakan akses WiFi untuk para pengunjung.

Berbekal udara yang segar dan suasana yang tenang, Taman Flora Bratang ini pun menjadi tempat yang pas untuk melepas penat dari rutinitas pekerjaan. Tak heran banyak pula warga Surabaya yang memanfaatkan tempat ini untuk nongkrong di kala istirahat siang.

Tempat ini pun semakin nyaman karena terdapat beberapa tempat duduk untuk bersantai. Semilir anginnya juga bisa membuat Sobat Turisian sangat nyaman dan rileks kala berada di bawah pepohonan rindang yang ada di sana.

Memang tempat tersebut bertajuk sebuah Taman Flora Bratang, akan tetapi nyatanya di sini juga memiliki beberapa koleksi fauna. Mulai dari kijang, kerang, burung onta, burung merak, dan sejumlah binatang lainnya yang bisa Sobat Turisian jumpai.

Baca juga: Yuk Tamasya ke Kebun Raya Mangrove Medokan Sawah Surabaya!

Terdapat pula kolam ikan yang semakin melengkapi pesona keindahan dan eksotis dari Taman Flora ini. Di kolam tersebut ada banyak ikan dengan beragam jenis, mulai dari ikan koi, ikan hias, dan sejumlah ikan air tawar lainnya dengan aneka warna.

Ragam Fasilitas Taman Flora Bratang

Asyiknya lagi, untuk masuk ke taman di Kota Surabaya yang satu ini, Sobat Turisian tidak perlu mengeluarkan uang sedikitpun, alias gratis. Meski begitu, tetapi fasilitas yang tersedia di dalamnya sangat luar biasa dan memadai.

Di Taman Flora Bratang Surabaya juga tersedia arena bermain bagi anak-anak, sangkar burung raksasa, taman membaca, balai pertunjukan, perpustakaan, musala, dan kamar mandi. Di sini pun Sobat Turisian bisa mengambil kursus mengenai ilmu komputer dan internet.

Biar tambah nyaman, pengelola Taman Flora Bratang Surabaya juga menghadirkan Sentra Kuliner RMI. Tempat yang enak bagi Sobat Turisian yang ingin menyantap sajian kuliner khas Surabaya sambil menikmati suasana taman yang asri.

Fasilitas lainnya yang tersedia di tempat ini, di antaranya area parkir yang cukup luas, pembibitan anggrek, jogging track, wahana outbond, dan lainnya. Namun di luar daya tariknya, taman ini juga punya beberapa larangan dan peraturan yang wajib pengunjung patuhi.

Ada beberapa larangan dan peraturan yang perlu Sobat Turisian perhatikan di Taman Flora Bratang Surabaya ini. Antara lain larangan menggunakan area ini sebagai tempat pacaran, dilarang duduk-duduk di tepi kolam karena area ini sangat licin, sangat berbahaya bagi anak-anak. Kemudian bagi para orang tua harus menjaga kebersihan dan mendidik anak untuk tidak buang sampah sembarangan.

Baca juga: Serunya Menjelajahi Ekowisata Mangrove Gunung Anyar Surabaya

Saat berkunjung ke destinasi taman tersebut, Sobat Turisian bisa sekalian mampir ke spot wisata lainnya yang berdekatan. Yaitu Pasar Burung Bratang dan Pasar Bunga Bratang.*

Pos terkait