Gunungkidul Siapkan Anggaran Kepariwisataan Rp 15 Miliar, untuk Apa Saja?

Gunungkidul Siapkan Anggaaran Kepariwisataan
Pantai Jogan,Kabupaten Gunungkidul,Yogyakarta. Foto: iStock

TURISIAN.com – Gunungkidul siapkan anggaran kepariwisataan sebesar Rp. 15 miliar dari alokasi dana khusus (DAK) pada tahun 2023.

Anggaran tersebut nantinya  dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur kepariwisataan di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kepala Bidang Bina Marga, DPUPRKP Gunungkidul Wadiyana di Gunungkidul, Senin 6 Februari 2023, menjelaskan itu  sesuai arahan dari pemerintah pusat untuk pembangunan sektor kepariwisataan.

“Memang bantuan DAK ada ada beberapa jalur wisata yang ini diperbaiki. Namun pagu anggaran belum bisa penuhi seluruh ruas jalan,” kata Wadiyana.

BACA JUGA: Mengenal Candi Risan Gunungkidul, Peninggalan Masa Mataram Kuno

Ia mengatakan DAK tersebut digunakan untuk menyelesaikan pembangunan ruas jalan wisata menuju ke Gunung Api Purba Nglanggeran, dari ruas Tawang-Serut di Kapanewon Patuk dan Gedangsari senilai Rp9,2 miliar.

Kemudian, perbaikan ruas Sambipitu-Tawang, juga sekitar Gunung Api Purba Nglanggeran.

“Sisanya, sekitar Rp700 juta dipergunakan perbaikan di jalur Karangmojo-Semanu atau sekitar wisata ke Kalisuci,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Arif Aldian mengatakan Dinas Pariwisata Gunungkidul telah melakukan inventarisasi sejumlah jalan menuju destinasi wisata dalam kondisi rusak.

Namun demikian, untuk perbaikan terkendala kemampuan daerah.

BACA JUGA: Jurug Gedhe, Objek Air Terjun yang Menawan di Gunungkidul Yogyakarta

Adapun diantaranya di ruas Pantai Sadranan-Somadeng; Pantai Drini; Jungwok; Ngrenehan-Widodaren; Ngedan, Bukit Pengilon, Sedahan hingga Krokoh.

Pantai Pok Tunggal

Jalan menuju Gua Cerme dan Gunung Ireng. Jalan masuk ke wisata air terjun Sri Getuk di Kalurahan Bleberan, Playen. Selain itu, jalan menuju ke Pantai Pok tunggal juga rusak.

“Kami memetakan status jalannya, karena berkaitan dengan kewenangan. Apakah ini jalan desa, kabupaten, provinsi atau jalan nasional,” kata Arif.

BACA JUGA: Pantai Nglolang, Surga Tersembunyi di Gunungkidul Yogyakarta

Untuk menindaklanjuti ruas jalan menuju destinasi wisata rusak, lanjut Arif, pihaknya melakukan koordinasi dengan pihak-pihak berkompeten.

Seperti Bappeda dan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul untuk perbaikan jalan.

Namun demikian, masih perlu melihat anggaran yang tersedia. Adapun belum lama ini perbaikan di beberapa titik Pantai Sadranan.

“Salah satu dari konsep 3A Pariwisata yaitu aksesbilitas, dengan adanya perbaikan beberapa ruas jalan harapannya meningkatkan kunjungan pariwisata,” kata dia.

Dengan Gunungkidul siapkan anggaran kepariwisataan, diharapkan ke depannya lebih banyak menarik wisatawan. ***

Sumber: Antaranews

 

Pos terkait