Indonesia Serahkan Estafet Kepemimpinan ASEAN Tourism Forum 2024 kepada Laos

ASEAN Tourism Forum
Menparekraf Serahkan Kepemimpinan ASEAN Tourism Forum kepada Laos.

TURISIAN.com – Secara resmi, Menparekraf Sandiaga Uno menyerahkan keketuaan ASEAN Tourism Forum untuk 2024 kepada Laos. Penyerahan tersebut, Sandiaga lakukan secara simbolis dengan memberikan palu kepemimpinan kepada Menteri Penerangan, Kebudayaan, dan Pariwisata Laos Suanesavanh Vignaket.

Dalam sambutannya di acara Closing Ceremony ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023, di Marriott Hotel Yogyakarta, Minggu (5/2/2023), Sandiaga menyampaikan rasa syukur atas kesempatan untuk memimpin jalannya forum pariwisata. Dengan negara anggota ASEAN, negara mitra seperti ASEAN Plus Three, India, Rusia, dan ASEAN NTO’s.

Selain itu, Sandiaga juga mengatakan, Indonesia akan mendukung dan membimbing Laos. Dalam menjalankan perannya sebagai ketua dalam ASEAN Tourism Forum mendatang.

“Kami berharap Laos akan terus berupaya memperkuat kolaborasi dengan negara anggota ASEAN dan negara mitra. Untuk mendorong pertumbuhan dan menciptakan lapangan kerja yang baru dan berkualitas di sektor pariwisata,” ungkap Sandiaga, melalui siaran pers Kemenparekraf, Senin (6/2/23).

Penyerahan kepemimpinan ini menandai berakhirnya rangkaian kegiatan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 di Yogyakarta. Kepemimpinan Indonesia tersebut menghasilkan sejumlah kesepakatan. Guna menjadikan wilayah ASEAN sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi global melalui sektor pariwisata.

Baca juga: Pameran Pariwisata Indonesia, UMKM, dan Festival Kuliner Ramaikan ATF 2023 Yogyakarta

Antara lain peningkatan kapasitas tenaga profesional pariwisata ASEAN melalui Mutual Recognition Arrangement for Tourism Professionals (MRA-TP). Serta peningkatan pengembangan pariwisata yang bertanggung jawab, berkelanjutan, dan inklusif.

Laos Siap Lanjutkan Agenda Pariwisata ASEAN

Pada kesempatan itu, Menteri Informasi, Kebudayaan, dan Pariwisata Laos, Suanesavanh Vignaket merasa sangat terhormat ketika menerima palu kepemimpinan ASEAN Tourism Forum setelah Indonesia. Sehingga Laos bisa memegang andil besar untuk terus melanjutkan agenda pengembangan sektor pariwisata di kawasan ASEAN.

“Kami akan terus bekerja sama dengan negara anggota ASEAN serta mitra organisasi internasional. Karena ini sangat penting untuk menyamakan langkah kita ke depannya,” ujar Suanesavanh.

Hadir pula dalam acara Closing Ceremony ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 tersebut, Assistant Director, Sectoral Development Directorate ASEC, Pham Quang Minh; Vice Minister of Culture, Sport, and Tourism Vietnam, Doan Van Viet. Lalu ada juga Permanent Secretary of Tourism and Sports Thailand, Arrun Boonchai; Chief Executive, International Group Singapura, Juliana Kua; serta Secretary Department of Tourism Filipina, Christina Garcia Fasco.

Baca juga: Berkolaborasi dengan Perpustakaan Nasional, Kemenparekraf Luncurkan e-Library

Selain itu, hadir juga Permanent Secretary of the Ministry of Primary Resources and Tourism Brunei Darussalam, Tutiaty Abdul Wahab. Secretary of State Kamboja, Thok Sokhom; Minister of Tourism, Arts, and Culture Malaysia, Dato Sri Tiong King Sing. Serta Ambassador India for ASEAN, Jayant Namdeorao Khobragade, serta Vice Commissioner of Japan Tourism Agency, Mitsuaki Hoshino.*

 

 

Sumber & Foto: Kemenparekraf

Pos terkait