Program Desa Wisata Jadi Unggulan Kemenparekraf, Ini Alasannya

Program Desa Wisata
Menparekraf Sandiaga Uno saat berada di Desa Wisata Sembung. Desa tertinggi di Pulau Jawa, 2.300 MDPL. Telaga Cebong, Air Terjun dan Bukit Sikunir adalah spot untuk melihat sunrise tercantik di Asia ini. (Instagram/@sandiuno)

TURISIAN.com  – Program desa wisata jadi program unggulan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Kebijakan ini diambil seiring tren wisatawan yang saat ini lebih memilih suasana alam pedesaan pasca pandemi Covid-19.

“Kami berkomitmen desa wisata menjadi program unggulan. Demokratisasi dari wisata ini adalah memberikan dampak pariwisata berkeadilan. Karena pariwisata pedesaan yang merasakan seluruh masyarakat langsung,” kata Menparekraf  Sandiaga Salahuddin Uno, Minggu 3 Juli 2022.

Pernyataan tersebut disampaikan, usai Sandiaga, mengukuhkan Desa Wisata Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo sebagai 50 erbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

BACA JUGA: Sandiaga Sebut Tren Desa Wisata Bisa Jadi Pandemic Winner, Apa Itu?

Sandiaga Uno menuturkan para pelaku seni dan budaya merasakan setiap kali ada kunjungan ke desa.

Ia mencontohkan pariwisata Sembungan setiap tahun dikunjungi 250 ribu wisatawan dan langsung berdampak kepada masyarakat di sini.

Menyinggung dukungan jadi presiden yang semakin ramai kepada dirinya dari masyarakat, Sandiaga Uno mengatakan itu sebagai amanah.

Namun hal terpenting dibalik kontestasi lima tahunan itu, menurutnya, adalah kesejahteraan masyarakat, kebangkitan ekonomi, serta terciptanya peluang usaha dan lapangan kerja.

BACA JUGA: Cari Tempat Liburan Keluarga yang Asyik? Datang Aja ke Desa Wisata Candran Bantul!

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga Uno menyampaikan besarnya harapan masyarakat pasca pandemi COVID-19. Khususnya, terkait pemulihan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan.

Sehingga Indonesia tak hanya mampu bertahan, tetapi berkembang menjadi negara yang mandiri.

“Pada intinya masyarakat antusias. Seperti yang dilihat saat ini. Karena ada kebangkitan ekonomi dan kebangkitan ekonomi itulah yang diperlukan untuk dijaga momentumnya. Sampai nanti saat pergantian kepemimpinan,” kata Sandiaga Uno.

Menurut dia, pencapaian atas kebangkitan ekonomi bakal mewarnai kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Oleh karena itu, sesuai dengan harapan masyarakat, ia yang berada dalam pemerintahan kini tengah fokus memulihkan ekonomi lewat sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.  ***

Sumber: Antaranews

Pos terkait