Melepas Penat di Taman Hutan Raya (Tahura) Pakal Surabaya

Tahura Pakal
Tahura Pakal Surabaya, Jawa Timur. (Source: Disbudporapar Surabaya)

TURISIAN.com – Di saat liburan atau berkunjung ke Surabaya, Sobat Turisian jangan lupa mampir ke Taman Hutan Raya (Tahura) Pakal. Tempatnya asyik, suasananya asri dan menyejukkan, cocok banget buat kalian yang ingin relaksasi tubuh dan pikiran sambil melepas rasa penat akibat rutinitas.

Hutan kota tersebut terbagi menjadi dua, yang pertama seluas 6,85 hektare dan yang kedua 6,45 hektare. Di sini Sobat Turisian akan menemukan 6 danau yang salah satu danaunya berbentuk kupu-kupu dan danau lain menjadi spot budidaya ikan dan tempat bermain kapal untuk anak-anak.

Suasana di Tahura Pakal pun cukup tenang dan asri banyaknya pohon cemara udang yang membuat serasa tidak seperti di Surabaya. Selain ada pula jenis tanaman dan pohon lainnya, di antaranya Akasia, Waru Laut, Trembesi, Dadap Serap, Jati, Ketepeng, Kepuh. Lalu ada Mahoni, Kemiri, Sogok Telik, Sono, Mangrove, Kluweh, Sawo Kecik, Mangga, Kelapa, Cerme.

Di tahura yang terkenal juga dengan sebutan Taman Cahaya ini, Sobat Turisian bisa menikmati sejumlah fasilitas olahraga. Tersedia jogging track, lintasan batu refleksi, lapangan basket, dan sebagainya. Sedangkan fasilitas penunjangnya, meliputi toilet, kolam ikan, sentra kuliner, playground, gazebo, biogas kandang sapi, hingga tambak ikan.

Baca juga: Kebun Binatang Surabaya, Spot Rekreasi dan Edukasi Favorit Keluarga

Berlibur ke Tahura Pakal, Sobat Turisian bisa ajak keluarga. Anak-anak juga bakal senang bermain ke sini, karena selain bisa lari-larian di taman, terdapat pula beberapa wahana permainan anak, seperti perosotan, becak air, dan lainnya.

Pecinta wisata selfie pun akan puas berada di tempat wisata Surabaya yang satu ini. Karena banyak sekali spot foto yang tentunya ciamik dan instagenic. Salah satu favoritnya ada jembatan estetik yang terbuat dari bambu yang melintang di atas danau buatan.

Di Tahura Pakal ini, akses jalannya sudah terpasang paving yang tertata rapi. Sehingga membuat pejalan kaki dapat dengan nyaman menikmati suasana sejuk di kawasan tersebut.

Lokasi Taman Hutan Raya Pakal

Destinasi wisata yang satu ini berlokasi terletak di ujung Surabaya Barat. Tepatnya berada di Jalan Raya Pakal, Gg. Sidorejo, Kecamatan Pakal, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Baca juga: Yuk Piknik Asik ke Taman Hiburan Pantai Kenjeran Surabaya!

Sementara untuk masuk ke Tahura Pakal Surabaya, Sobat Turisia tak perlu membayar tiket masuk. Kalian cukup membayar tarif parkir kendaraan sekitar Rp3.000 saja. Harga yang sangat terjangkau untuk sebuah tempat wisata yang nyaman dan berkesan.*

 

Pos terkait