Malalayang Beach Walk Dibuka Jokowi, Wisata Kembar Senilai Rp94 Miliar

Malalayang Beach Walk
Malalayang Beach Walk di Manado, Sulawesi Utara, Jumat 20 Januari 2023 secara resmi dibuka untuk umum oleh Presiden Jokowi. (Instagram/@malalayangbeachwalk)

TURISIAN.com  –  Area pejalan kaki pantai Malalayang atau Malalayang Beach Walk di Manado, Sulawesi Utara resmi di buka untuk umum.

Peresmian objek wisata kembar dengan kawasan pesisir pantai Pulau Bunaken itu dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada, Jumat 20 Januari 2023.

Pembangunan Malayang Beach Walk ini menghabiskan anggaran sebesar Rp94,26 miliar. Tujuannya, untuk mendukung pengembangan destinasi pariwisata Sulawesi Utara.

Dulunya lokasi ini adalah tempat jualan beragam kuliner, dan belum tertata dengan apik. Kini kawasan yang terletak di pinggiran pantai Manado ini oun berubah menjadi destinasi wisata andalan.

BACA JUGA: Menikmati Kesegaran Alam di Air Terjun Kima Atas Manado

Berada di tepi pantai pada jalur Trans Sulawesi, tidak membutuhkan waktu lama untuk menjangkau Malalayang Beach Walk.

Dari pusat kota Manado, Anda hanya membutuhkan sekitar 15-20 menit untuk mencapai kawasan yang masuk wilayah Kecamatan Malalayang, Kota Manado, Sulut ini.

Terbentang sepanjang sekitar 2 km, Malalayang Beach Walk menawarkan beragam hal menarik dan unik, juga mudah dijangkau serta gratis.

Ada trek untuk pengunjung yang ingin jogging di tepi pantai. Juga beberapa spot foto yang ikonik dengan latar Pulau Bunaken dan Pulau Manado Tua.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Minta Wisatawan Asal Negara ini Diperketat Prokesnya

Salah satu lokasi favorit untuk mengambil gambar adalah tiang-tiang salib yang menjorok ke laut. Selain patung ikan jenis Coelecanth yang dijuluki si raja laut.

“Lokasinya mudah dijangkau, juga tidak mengeluarkan biaya untuk menikmati beragam fasilitas di kawasan wisata ini,” ujar Youla Najoan, salah satu pengunjung dari Manado, belum lama ini.

Pagi itu, Youla mencoba trek joging berjarak sekitar 2 km, sambil menikmati keindahan Laut Manado. Tak lupa dia mengambil gambar sejumlah momen menarik di kawasan tersebut.

BACA JUGA: Wisatawan Lokal Kini Banyak Memburu Destinasi Kawasan Indonesia Timur

Wahana Permainan Anak

Di Malalayang Beach Walk juga tersedia beragam arena permainan anak. Sehingga bagi pengunjung yang membawa anak-anak, bisa menikmati lokasi ini sambil memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk bermain.

Kawasan yang sudah tertata dengan rapi ini juga menyiapkan beragam kuliner yang bisa Anda nikmati dengan harga yang terjangkau.

Ada pisang goreng yang dinikmati dengan sambal ikan roa, es kelapa muda, serta berbagai menu lainnya.

BACA JUGA: Berwisata ke Pantai Bone Buton Utara yang Memesona

“Kita tak perlu jauh-jauh lagi mencari lokasi wisata yang indah, cukup Malalayang Beach Walk sudah menyajikan banyak pilihan,” ujar Youla.

Diketahui, pengembangan kawasan Pantai Malalayang menjadi Malalayang Beach Walk merupakan bagian dari Pengelolaan Penataan Pantai Malalayang dan Penataan Ecotourism Village Bunaken.

Proyek ini dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, sedangkan pengelolaannya ditangani oleh Pemkot Manado. ***

Pos terkait