Berwisata ke Pantai Bone Buton Utara yang Memesona

Pantai Bone
Pantai Bone di BUton Utara, Sultra. (Surce: Dispar Sultra)

TURISIAN.com – Pantai Bone menjadi salah satu destinasi wisata pantai yang menarik untuk Sobat Turisian kunjungi saat liburan nanti. Lokasinya berada di Desa Malalanda, Kecamatan Kulisusu, Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra).

Objek wisata pantai ini menyajikan pesona alam yang memanjakan mata. Di sini juga terdapat jembatan sepanjang 300 meter dengan dua buah gazebo. Dua spot ini menjadi salah satu tempat menarik untuk menikmati keindahan pantai yang satu ini. Sobat Turisian pun bisa foto-foto cantik di dua spot ini.

Selain itu, di Pantai Bone Buton Utara ini juga terdapat taman serta sejumlah villa yang siap menunjang bagi Sobat Turisian yang mau bermalam di tempat ini. Kalian pun bisa menyaksikan langsung proses pengasapan ikan siap saji di tempatnya yang terletak di sepanjang pantai.

Destinasi wisata Sultra yang ini, banyak wisatawan berdatangan pada saat sore hari. Mereka kebanyakan datang untuk menikmati keindahan matahari terbenam atau sunset. Tak sedikit pula yang datang, hanya untuk bermain air dan menyantap ikan asap.

Daya Tarik Pantai Bone Sultra

Pesona Pantai Bone ini, bisa Sobat Turisian lihat dari hamparan pasir putih dengan panjang 4 kilometer. Air lautnya masih bersih dan ombak pantainya pun cukup tenang saat musim teduh.

Tambah lagi dengan hawanya yang cukup sejuk karena banyak pohon kelapa dan lainnya yang rindang di tepi pantai. Membuat suasananya makin bikin betah dan nyaman.

Baca juga: Tamasya ke Pantai Eemoamba Buton Utara dengan Panorama Memesona

Uniknya lagi, Pantai Bone mempunyai hamparan pasir putih yang hanya ada pada bagian depan dengan bentuk lurus di sepanjang pantai. Menampakkan kesan garis kuning dan menambah keunikan dari tempat wisata ini.

Ketikan musim angin barat pada Desember hingga Maret, ombak di pantai ini sangat tenang. Sehingga banyak wisatawan yang melakukan aktivitas snorkeling dan menyelam untuk menikmati panaroma bawah lautnya.

Di pantai ini juga terdapat salah satur spot menyelam yang indah dengan gugusan batu karang panjang, serta mempunyai palung yang dalam. Sementara pada saat musim angin timur, sekitar Juni hingga September gelombang laut di Pantai Bone tidak cukup tinggi karena posisinya berada di sebelah barat Laut Banda.

Mengutip dari laman disparsultra.id, menurut seorang Peneliti Dinas Kelautan dan Perikanan Pemerintah Kabupaten Butur, Agus Saidi, laut di Butur mempunyai sekitar 10 spot menyelam. Salah satunya di perairan Pantai Bone.

Adat Istiadat Sekitar Pantai Bone

Buka hanya keindahan alam yang tersaji di objek wisata bahari ini, Tapi ada juga tradisi dan adat istiadat di Desa Malalanda yang masih terjaga. Sejumlah tradisi yang masyarakat setempat miliki meliputi berbagai jenis tarian. Seperti Tar Lulo, Tari Malaya, Tari Joget Maju Mundur, Tari Lense, Tari Ngibi, Tari Alionda, Tari Pencat Silat, dan Tari Balumpa.

Baca juga: Meski Aksesnya Berat, Gunung Mekongga Panorama Alamnya Bikin Betah

Berikutnya ada juga upacara adat yang masih terjaga dan berlangsung hingga kini. Di antaranya Kouni (Upacara Pernikahan), Pekoiri (Upacara Gunting Rambut Bayi), Pesondo (Ritual Pengobatan Anak), dan Haroa.*

Pos terkait