Berwisata ke Air Terjun Sumuran Seloprojo Magelang dengan Tiga Kolam Unik

Air Terjun Sumuran
Air Terjun Sumuran Seloprojo Magelang. (Source: Disparpora Magelang)

TURISIAN.com – Berwisata di Kabupaten Magelang memang tak lepas dari Candi Borobudur yang  tidak akan ada habisnya. Namun di luar itu, kabupaten yang sekelilingnya terdapat lima gunung ini, juga punya banyak tempat-tempat yang indah. Seperti salah satunya Air Terjun Sumuran.

Objek air terjun ini mempunai ketinggian sekitar 30 meter dengan tiga kolam di bawahnya yang bakal memikat Sobat Turisian untuk berenang menikmati kesegarannya. Kedalamannya 1 sampai 2 meter dengan pancuran berbentuk kepala singa yang menjadi keunikan tersendiri.

Keberadaan pancuran berkepala singa di Air Terjun Sumuran, seakan membawa Sobat Turisian berada di sebuah pura di Pulau Bali. Suasananya pun cukup hening dan udaranya sejuk, bakal membuat kalian betah dan nyaman berada di sini.

Begitu tiba di lokasi air terjun, Sobat Turisian bisa langsung menyaksikan pesona air terjun yang memukau. Kalian hanya akan mendengar suara alam dan air yang jatuh dari air terjun tersebut.

Tambah lagi hamparan hutan di sekeliling Air Terjun Sumuran yang tampak masih alami. Batu-batu berlumut dengan udara sejuk di antara tebing tinggi menjulang, membuat pikiran dan jiwa sungguh damai di antara irama alam.

Baca juga: Rasakan Sensasi Serunya Wisata Offroad Merapi Jurang Jero Magelang!

Bukan hanya itu, butiran air yang jatuh terbawa angin, seperti embun yang akan menyegarkan wajah Sobat Turisian. Perpaduan alam yang indah memukau dan memanjakan mata, serta sangat cocok buat healing dan refreshing.

Fasilitas di tempat wisata air terjun ini juga sudah cukup memadai. Salah satunya di sekitaran air terjun tersebut terdapat 5 gazebo untuk bersantai-santai dan beristirahat, sembari menikmati keindahan alam.

Lokasi Air Terjun Sumuran Seloprojo

Destinasi wisata alam Magelang yang satu ini, berlokasi di Desa Seloprojo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Berada di bawah kaki Gunung Telomoyo. Sobat Turisian hanya butuh dua jam perjalanan menuju air terjun ini melalui jalur utama Magelang – Semarang ke arah Kecamatan Grabag.

Untuk menjangkau Air Terjun Sumuran, Sobat Turisian bisa mengaksesnya melalui jalan yang cukup baik. Dengan menggunakan kendaraan roda 2 maupun roda 4 dengan lahan parkir yang cukup baik. Jika kalian ingin mengunjungi tempat ini,  sepanjang tahun air mengalir dengan deras.

Setelah sampai di Desa Seloprojo, perjalanan Sobat Turisian berlanjut dengan jalan kaki kurang lebih selama 45 menit untuk sampai di air terjun. Perjalanan tersebut akan melewati jalan cor blok Desa Seloprojo dan teruskan dengan menyusuri jalur setapak tanah di dalam hutan pinus.

Baca juga: Melancong ke Punthuk Mongkrong Magelang yang Punya Pesona Alam Aduhai

Buat Sobat Turisian yang ingin berkunjung ke Air Terjun Sumuran Seloprojo senantiasa menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar. Sebab aliran air terjun ini menjadi sumber kehidupan dan pertanian warga di bawahnya.*

 

Pos terkait