Telaga Biru Samares yang Cantik, Hidden Gem di Biak Numfor

Telaga Biru Samares
Telaga Biru Samares, Kabupaten Biak Numfor, Papua. (Source: Dispar Kab Biak Numfor)

TURISIAN.com – Berwisata ke Tanah Papua akan sangat berkesan, karena Sobat Turisian bisa menikmati banyak objek alam yang masih asri dan tentunya sangat memesona. Seperti Telaga Biru Samares di Kabupaten Biak Numfor salah satunya.

Telaga ini terkenal dengan kejernihan airnya, hingga Sobat Turisian bisa melihat pepohonan dan ranting gunung di dasar danau dengan jelas dari atas. Air di danau ini pun sedikit asin dan berwarna biru kehijauan.

Suasana di Telaga Biru Samares juga sangat sejuk dan damai, jauh dari keramaian kota. Hingga sangat cocok mendapat julukan sebagai hidden gem wisata alam Biak. Tempat ini pun sangat instagenik buat latar foto kalian.

Lokasinya berada di Distrik Biak Timur, Kabupaten Bika Numfor, Papua. Untuk menjangkaunya, Sobat Turisian membutuhkan kurang lebih 1 jam dari pusat kota Biak.

Baca juga: Kerajinan Tangan Kulit Kerang, Cendera Mata Unik dari Biak

Perjalanan menuju Telaga Samares ini akan melewati hutan dengan tanjakan dan turunan yang cukup curam. Tetapi jangan khawatir, karena sebagian besar jalannya telah beraspal mulus.

Berenang di Telaga Biru Samares

Rasa lelah dalam perjalanan akan terbayarkan dengan pemandangan telaga berwarna biru kehijauan yang jernih dan keindahan alam. Asyiknya lagi, Sobat Turisian juga bisa berenang di telaga ini.

Begitu tiba di Telaga Biru Samares, Sobat Turisian akan terkagum-kagum dengan keindahan danau berair biru jernih yang memiliki kedalaman sekitar 14 meter. Air di danau ini payau, sehingga sudah pasti rasanya asin, namun tak seasin air laut.

Kalau ingin berenang dan melompat dari atas telaga tersebut, Sobat Turisian harap berhati-hatilah. Karena di dasarnya ada banyak akar dan cabang pohon, dari yang besar hingga yang kecil. Takutnya kalian tersangkut akar-akaran tersebut.

Asal-usul Nama Telaga

Objek wisata danau ini sebenarnya bernama Wopersnondi. Namun orang lebih mengenal dan mudah mengingatnya dengan sebutan Telaga Biru Samares.

Wopersnondi sendiri berasal dari Bahasa Biak yang terdiri dari kata “Woofer” yang berarti lompat dan “Snon” yang artinya manusia. Jadi namanya berarti orang yang melompat. Nama itu konon berasal dari banyak pria di desa sekitar yang sering menyelam.

Baca juga: Traveling ke Pantai Bukisi, Surga Tersembunyi di Papua 

Distrik Biak Timur sendiri sebagai lokasi Telaga Biru Samares berada, juga terkenal dengan wisata pantainya. Pesona alam pantai dan bawah lautnya sama-sama indah. Jadi kalian di sana bisa menyelam atau snorkeling.*

 

 

Pos terkait