Pesta Kembang Api, Meriahkan Malam Tahun Baru di Kota Bunga Puncak

Pesta Kembang Api
Vila di Kota Bunga, Cipanas, Cianjur Jawa Barat yang menawarkan keindahan alam pegunungan. (Instagram/@villakota_bungapuncak)

TURISIAN.com – Pesta kembang api mewarnai momen pergantian Tahun Baru 2023 di Kota Bunga Puncak Cipanas, Kabupaten Cianjur Jawa Barat.

Dentuman  kembang api memecah keheningan malam, saat memasuki pukul 00.00 WIB. Langit mendadak terang karena percikan pesta kembang api, dari berbagai sudut.

Kawasan wisata favorit wisatawan Timur Tengah ini pun riuh oleh teriakan pengunjung. Ditambah deru knalpot motor dari anak-anak muda yang sejak pukul 17.00 WIB sudah berkumpul di tempat ini.

Pantauan Turisian.com, selain dari masyarakat Cipanas dan Cinanjur, banyak pengunjung dari Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) yang menghabiskan malam tahun baru disini.

BACA JUGA: Ingin Menghabiskan Malam Tahun Baru di Jakarta, Ini 7 Hotel Dekat Bundaran HI

“Saya sudah sejak Jumat sore ada disini bersama keluarga sewa villa. Memang sudah direncanakan sejak lama mau tahun baruan disini,” kata Margono asal Kota Bekasi, ketika ditemui sedang menikmati kuliner yang ada di Little Venice Kota Bunga.

Seperti namanya, Little Venice adalah tempat wisata yang meniru gaya kota Venezia di Italia. Kota ini terkenal  sebagai salah satu destinasi liburan impian.

Itu  karena keindahannya dan juga keunikannya. Sebagian kota seperti dibangun di atas laut sehingga menghasilkan banyak kanal-kanal air yang bisa ditelusuri dengan perahu kecil bernama gondola.

BACA JUGA: Pilih Tol Gratis ini Saat Liburan Natal dan Tahun Baru Nanti

Nah, di sini pun pengunjung bisa menaiki gondola menyusuri kanal-kanal kecil yang diapit gedung-gedung yang didesain seperti bangunan-bangunan di Venezia!

“Kalau siang, jadi berasa seperti di Venezia.  Instagram banget lokasinya,” sambung Rina, putri Margono yang mengaku sangat menyukai udara dingin di Cipanas ini.

Terlihat, masyarakat berjalan memadati jalanan Kota Bunga sejak memasuki pukul 18.00 WIB. Sementara wisatawan dari luar, terlihat sudah membuat kegiatan bakar-bakaran (barbeque).

BACA JUGA: Mengagumi Keindahan Arsitektur Masjid 99 Kubah di Kota Makassar

Himbauan Bupati Cianjur

Meski ada anjuran dari pemerintah Kabupaten Cianjur agar masyarakat merayakan pergantian tahun baru di rumah saja, namun mereka tetao bersuka cita di jalan-jalan.

“Pergantian tahun kali ini, berbeda dengan tahun sebelumnya. Dimana bencana alam melanda saudara kita di 16 kecamatan di Cianjur. Lebih baik kita perbanyak beribadah dan berdoa agar Cianjur kembali bangkit dan bencana tidak lagi terjadi,” pinta Bupati Cianjur Herman Suherman dalam keterangan persnya, Sabtu petang 31 Desember 2022.

BACA JUGA: Menikmati Petang Di Sisi Istana Cipanas, Tetap Menyimpan Keindahan

Meski tidak ada larangan untuk merayakan pergantian tahun di Cianjur, pihaknya tetap mengimbau warga yang merayakan tidak dengan cara berlebihan.

Termasuk melakukan konvoi kendaraan yang dapat mengganggu ketertiban dan keamanan.

Secara umum, perayaan pergantian tahun baru di Cianjur, Cipanas berjalan tertib. Tidak ada konvoi kendaraan.

Bahkan beberapa majelis taklim terlihat menggelar kajian di beberapa tepat. Seperti di Sukanagali, Kecamatan Pacet, Cianjur yang berada di Kawasan Kota Bunga, masyarakat dengan tertib mendengarkan tausiah tutup tahun dari penceramah. ***

Pos terkait