Senangnya Berkunjung ke Desa Wisata Banjaroya

Desa Wisata Banjaroya Yogyakarta
Desa Wisata Banjaroya Yogyakarta. (Source: visitingjogja)

TURISIAN.com – Berkunjung ke sebuah desa wisata pasti akan menyenangkan dan meninggalkan banyak kesan. Seperti mengunjungi Desa Wisata Banjaroya di Yogyakarta, yang banyak juga menyebutnya dengan nama Desa Bara.

Desa wisata ini merupakan salah satu desa di lereng Perbukitan Menoreh. Masuk wilayah Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Perbukitan Menoreh ini sendiri memang terkenal sebagai kawasan wisata alam. Ada beberapa objek wisata terdapat di sana, di antaranya Waduk Sermo, Kalibiru, dan Puncak Suroloyo.

Keberadaan Desa Wisata Banjaroya menambah nilai plus kawasan wisata di Perbukitan Menoreh Kulon Progo. Desa ini pun memfasilitasi Sobat Turisian yang ingin singgah lebih lama untuk menikmati keindahan Perbukitan Menoreh. Sekaligus merasakan bagaimana tinggal dan berbaur dengan masyarakat desa setempat.

Ada berbagai aktivitas seru yang bisa Sobat Turisian lakukan di desa ini. Mulai dari mengikuti aktivitas warga sehari-hari, bertani, mengikuti acara adat, menikmati pertunjukan seni lokal, menikmati kuliner lokal.

Selain itu kalian juga bisa mencoba tracking dan hiking mengelilingi area Desa Wisata Banjaroya. Serta mengunjungi destinasi wisata yang ada di sekitar desa. Seperti Embung Banjaroya, Bendung Ancol, Goa Maria Sendangsono, Makam Kyai Krapyak, dan jika beruntung Sobat Turisian bisa menghadiri festival durian Menoreh.

Festival Durian Menoreh

Adanya festival durian tersebut, karena Kecamatan Kalibawang khususnya Desa Banjaroya memang tenar sebagai sentra durian. Durian Banjaroya atau yang lebih terkenal dengan sebutan Durian Menoreh memiliki aroma yang kuat, daging buah yang tebal, dan rasanya yang mantap.

Baca juga: Petualangan ke Puncak Suroloyo Kulon Progo dengan View yang Menakjubkan

Di Desa Wisata Banjaroya terdapat beberapa varietas unggulan durian. Bahkan beberapa telah tercatat sebagai varietas durian unggulan nasional. Seperti Durian Menoreh Jambon dan Durian Menoreh Kuning.

Sobat Turisian bisa datang pada musim panen Durian Menoreh, sekitar bulan September hingga Februari. Berbagai kegiatan seru akan tersaji untuk memeriahkan festival tersebut, antara lain games, kontes durian, dan obral durian. Wow seru sekali nih, Sobat Turisian pecinta durian jangan sampai lewatkan!

Bukan hanya itu, di Desa Wisata Banjaroya Sobat Turisian juga bisa melakukan berbagai aktivitas berkebun dan mengolah hasil perkebunan. Mengingat sebagian besar penduduk yang bermatapencaharian sebagai petani kebun. Kalian pun dapat belajar langsung membuat gula aren, mengolah coklat dan kopi, hingga membuat jamu.

Lokasi & Rute ke Desa Wisata Banjaroya

Lokasi desa wisata yang satu ini berada di jalur wisata Yogyakarta – Borobudur. Berjarak kurang lebih 24 km dari Kota Yogyakarta. Sobat Turisian bisa menempuhnya dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Baca juga: Sungai Mudal Kulon Progo Sajikan Air Alami yang Segar dan Panorama Menawan

Rute menuju Desa Wisata Banjaroya, Sobat Turisian bisa melalui jalan Godean-Dekso-Kalibawang dan Banjaroya. Kalau naik angkutan umum harus berganti angkutan sesampainya di Dekso, kemudian teruskan dengan angkutan yang menuju ke arah Borobudur.*

Pos terkait