Pura Luhur Uluwatu, Wisata Religi Bali dengan Sajian Alam dan Budaya

Pura Uluwatu Badung
Pura Uluwatu Badung yang terletak di atas tebing. (Source: Dispar Badung)

TURISIAN.com – Pura Luhur Uluwatu atau Pura Uluwatu merupakan salah satu destinasi wisata religi di Badung, Bali yang menyajikan pesona alam dan atraksi budaya. Sangat menarik untuk Sobat Turisian kunjungi saat liburan ke Pulau Dewata.

Tempat peribadatan umat Hindu Bali ini terletak di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Terletak dengan jarak sekira 27 kilometer dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai atau kurang lebih 40 menit perjalanan.

Banyak juga yang menyebut Pura Uluwatu sebagai Pura Luhur. Tempat yang merupakan salah satu dari enam Pura Sad Kahyangan, pilar spiritual utama di Pulau Bali. Piodalan atau upacara memperingati hari pendirian Pura ini berlangsung pada hari Anggara Kasih, di Wuku Medangsia dalam kalender Caka. Biasanya pelaksanaan upacara tersebut selama tiga hari yang dihadiri ribuan umat Hindu.

Objek wisata religi ini juga menajdi salah satu tempat terbaik di Bali untuk menikmati keindahan matahari terbenam. Dengan pemandangan langsung menghadap Samudera Hindia yang indah. Magnet utamanya yang spektakuler adalah tebing setinggi 250 kaki di atas ombak Samudera Hindia.

Baca juga: Taman Gili Dukuh, Tempat Pesucian dan Wisata Menarik di Badung Bali

Selain itu, terdapat pula sebuah hutan kecil terletak di sekitar Pura Uluwatu. Di situ Sobat Turisian akan berjumpa ratusan monyet yang tinggal di sana. Masyarakat setempat percaya bahwa ratusan monyet itu sebagai penjaga kesucian kawasan.

Atraksi Tari Kecak & Fasilitas Umum

Nah untuk datang ke tempat ini, ada pilihan waktu terbaiknya, yakni di kala pagi hari atau sebelum matahari terbenam. Sobat Turisian juga bisa menyaksikan Tarian Kecak yang pementasannya setiap hari Kamis sampai dengan Minggu. Berlangsung di panggung tebing yang berdekatan, pada pukul 18:00 hingga 19:00.

Kecak di Pura Uluwatu merupakan satu-satunya tari kecak yang pentasnya berlatar pemandangan matahari terbenam. Sehingga nuansa eksotis dan mistis akan dapat Sobat Turisian rasakan langsung.

Baca juga: Mencoba Sensasi Naik Gajah Berkeliling Hutan di Desa Wisata Carangsari Bali

Di luar daya tarik yang utama tadi, di tempat ini juga tersedia berbagai fasilitas umum penunjang wisata. Hal ini untuk membuat para pengunjung merasa lebih nyaman. Fasilitasnya, seperti area parkir, pemandu wisata, keamanan lokal, restoran, hotel, toko suvenir, kios makanan, warung minuman, vila, dan toilet umum.*

Pos terkait