Ada Raja Ampat Baru Lho, Tempatnya di Pulau yang Cukup Menawan

Raja Ampat Baru
Salah satu spot wisata di Pulau Tawale Halmahera Selatan, Maluku Utara. Pulau ini pun disebut-sebut sebagai Raja Ampat Baru. Foto: Dok. Kemenparekraf

TURISIAN.com – Buat kalian yang menginginkan suasana yang sama bahkan lebih indah, kini ada Raja Ampat Baru lho.

Cocok bagi yang menyuaki aktivitas air dan udara segar. Tak mesti terbang jauh-jauh ke Papua Barat.

Raja Ampat Baru itu adalah Pulau Tawale Halmahera Selatan, Maluku Utara. Sebuah, destinasi alternatif  yang tak kalah cantiknya dengan yang ada di Raja Ampat.

Karena keindahannya tersebut, sampai-sampai Menparekraf  Sandiaga Salahuddin Uno terang ke sana untuk melihat langsung wisata bawah laut yang ada di Kabupaten Halmahera Selatan.

BACA JUGA: Saksikan Kemeriahan Festival Teluk Jailolo (FTJ) 2022 Maluku Utara!

Didampingi Bupati Halmahera Selatan, Usman Sidik, Menparekraf Sandiaga mengunjungi gugusan Pulau Tawale, pada Sabtu 26 November 2022, yang berada di Pulau Kasiruta.

Destinasi wisata ini dapat ditempuh sekitar satu jam lamanya dari Pulau Bacan.

Gugusan Pulau Tawale

Dalam kunjungannya tersebut, Sandiaga dan Usman menyempatkan diri berenang dan mengayuh perahu kayak di sekitar Gugusan Pulau Tawale.

Dari situ, ia benar-benar mendapati ada pulau dengan daya tarik pendukung yang tak kalah indahnya dengan Raja Ampat di Papua Barat.

BACA JUGA: Pulau Tawale Maluku, Pesona Alam di Timur Indonesia yang Memukau

Sehingga wajar jika kawasan tersebut pun dijuluki sebagai Raja Ampat Baru oleh pendatang.

Sandiaga pun menceritakan pengalamannya berenang yang menurutnya, Gugusan Pulau Tawale menyajikan beraneka ragam biota laut.

Sehingga membuat siapa saja yang datang ke sini memperoleh suatu pengalaman yang sangat membekas dan berharga.

Ia juga mengatakan, Pulau Tawale sangat mengesankan karena menyuguhkan hamparan hutan hijau serta air laut berwarna biru nan jernih.

BACA JUGA: Pulau Tawale Maluku, Pesona Alam di Timur Indonesia yang Memukau

“Ini adalah pengalaman yang tidak terlupakan. (Gugusan Pulau Tawale) luar biasa indahnya, itu betul-betul ‘gate of heaven’,” katanya.

“Apalagi, Halmahera Selatan ini merupakan salah satu spot diving terbaik di dunia,” sambung Sandiaga.

Sandiaga mengatakan Halmahera Selatan tidak hanya memiliki Gugusan Pulau Tawale sebagai destinasi wisata bawah lautnya.

Wisata Bawa Laut Halmahera Selatan

Masih banyak lagi destinasi wisata bawah laut di Halmahera Selatan yang bisa dieksplorasi dan dikembangkan.

BACA JUGA: Pulau Dodola, Surga Keindahan Alam di Pulau Morotai Maluku Utara

Yang mana dengan berkembangnya kawasan ini,  bisa membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja masyarakat Maluku Utara. Khususnya pada kawasan Halmahera Selatan.

“Saya melihat selain ekonomi berbasis sumber daya alam yang menjadi tulang punggung sekarang. Kita juga harus kembangkan ekonomi berbasis pariwisata dan ekonomi kreatif,” ungkapnya.

Hal itu tidak lain, agar pergerakan ekonomi di Halmahera Selatan semakin meningkat dan membuka peluang usaha dan lapangan kerja.

Sandiaga mengatakan, keindahan Maluku Utara mengingatkan Indonesia sebagai negara yang memiliki kekayaan alam yang beraneka ragam. Utamanya, kekayaan biota lautnya.

Terutama pada  kawasan Indonesia Timur yang ternyata masih banyak daerah-daerah yang punya potensi wisata bawah laut indah dan kaya. ***

Pos terkait