Saksikan Kemeriahan Festival Teluk Jailolo (FTJ) 2022 Maluku Utara!

Festival Teluk Jailolo
Festival Teluk Jailolo tahun sebelumnya.

TURISIAN.com – Maluku Utara mempunyai event budaya tahunan yang unik karena panggung utamanya selalu di atas laut. Nama eventnya Festival Teluk Jailolo (FTJ). Panggung megahnya berada di atas Teluk Jailolo.

Hebatnya lagi, panggung di atas perairan teluk itu pernah memecahkan Rekor Muri pada tahun 2013. Sebagai panggung permanen yang berdiri di atas laut dan rutin digunakan sebagai venue utama FTJ. Termasuk pada penyelenggaraan tahun ini.

Bagi Sobat Turisian yang belum pernah nonton sebelumnya, jangan melewatkan festival ini lagi. Catat ya, Festival Teluk Jailolo 2022 akan berlangsung pada 15-18 Juni 2022! Venue utanma sesuai namanya, yaitu di Teluk Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara.

Tema Festival Teluk Jailolo 2022

FTJ 2022 merupakan perhelatan ke-13, dari tahun ke tahun acara ini tak pernah gagal dalam mempersembahkan yang terbaik. Untuk mengenalkan pesona Indonesia timur dari sisi alam, budaya, tradisi, hingga ekonomi kreatifnya.

Tema yang diusung pun selalu memberi semangat positif. Seperti tahun ini saja, FTJ akan mengusung tema “Rise and Shine” Wonderful Culture of the Spice Islands. Melalui tema ini, FTJ akan mengajak Sobat Turisian untuk bangkit dan bersinar setelah kesulitan yang terjadi selama pandemi.

Harapan lainnya, event yang terselenggara berkat kolaborasi antara Pemkab Halmahera Barat dan Kemenparekraf ini bisa jadi momen bangkitnya wisata dan ekonomi kreatif.

Baca juga: Tiga Destinasi Wisata Halmahera Barat yang Eksotis dan Wajib Kalian Eksplorasi

Tak hanya itu, festival ini pun akan memberi semangat buat seniman dan komunitas seni. Agar mereka dapat terus berkarya dan menunjukkan kreativitasnya.

Lokasi & Rangkaian Acara FTJ 2022

Tempat penyelenggaraan Festival Teluk Jailolo 2022 akan tersebar di banyak spot wisata, lalu rangkaian acaranya pun makin variatif. Ada lima destinasi eksotis sebagai venue, yaitu Teluk Jailolo, Desa Wisata Gamtala, Tanjung Rappa Pelangi, Pantai Lapasi, dan Rumah Adat Sasadu.

Untuk rangkaian acaranya makin bervariatif dan tetap akan dilaksanakan dengan protokol kesehatan CHSE. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Festival Teluk Jailolo akan dibuka dengan Ritual Sigofi Ngolo. Sebuah ritual adat pembacaan doa yang dilanjutkan mengelilingi pulau di sekitar Teluk Jailolo dan ziarah ke makam leluhur di Pulau Babua.

Di samping itu, ada pula Orom Sasadu yang merupakan ritual adat masyarakat Suku Sahu untuk mengucapkan syukur atas panen yang mereka terima. Berbagai makanan dan jajanan khas yang terbuat dari hasil panen bakal banyak tersaji.

Acara yang tak boleh Sobat Turisian lewatkan yakni Teater Kuliner 7 Suku Asli Halmahera Barat, Pentas Seni Budaya Halmahera Barat. Serta pertunjukan tari di tepi Pantai Lapasi yang berlangsung tepat saat matahari hampir terbenam (Dancing in the Sunset).

Pada puncak Festival Teluk Jailolo 2022, akan ada kemeriahan “Sasadu on the Sea”. Pertunjukan seni kolosal ini akan menyajikan tari dan musik yang mengagumkan.

Baca juga: Pulau Tawale Maluku, Pesona Alam di Timur Indonesia yang Memukau

Masih ada lagi, rangkaian acara buat Sobat Turisian yang suka wisata olahraga. FTJ 2022 mengadakan Spice Island Triathlon, Expedisi Tanah Tabaru, Fun Dive, dan Pesta Olahraga Tradisional.

Sobat Turisian bisa pilih sesuai minat dan hobi. Nah, spesial buat kalian yang ingin  kenal sama rempah-rempah khas Halmahera Barat, ada kegiatan Spice Trip. Setelah puas mengikuti semua rangkaian acaranya, jangan lupa buat beli oleh-oleh di area Expo Ekonomi Kreatif.*

 

 

 

Sumber & Foto: indonesia.travel

Pos terkait