Terpesona dengan Keindahan Lolai, Negeri di Atas Awan Toraja Utara

Lolai Toraja Utara
Pemandangan Lolai Toraja Utara yang eksotis. (Source: Disbudpar Sulsel)

TURISIAN.com – Banyaknya dataran tinggi di Indonesia melahirkan berbagai spot yang menyajikan panorama alam yang memesona. Bahkan beberapa di antaranya mendapat julukan Negeri di Atas Awan, seperti Lolai di Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Saking indahnya, Lolai “Negeri di Atas Awan” Toraja Utara ini, sekarang lagi ngehits dan digemari banyak wisatawan. Baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Sobat Turisian wajib datang ke sini untuk menikmati pesona keindahannya.

Di tempat ini, Sobat Turisian bisa menyaksikan keindahan alam Toraja Utara dari atas ketinggian 1.300 mdpl. Sekaligus bisa menikmati momen sunrise yang eksotis. Dengan kumpulan kabut menyerupai awan berada di bawah telapak kaki. Udara dingin pun akan menyelimuti tubuh Sobat Turisian, hingga disarankan pakai jaket yang cukup tebal.

Baca juga: Pango Pango, Negeri di Atas Awan Tana Toraja yang Memesona

Namun untuk mendapatkan pemandangan mengesankan itu tidak mudah, butuh sedikit perjuangan. Sobat Turisian mesti datang saat dini hari. Biar ga bosan nunggu hingga sang mentari terbit, Sobat Turisian bisa sambil menyeruput kopi panas untuk menghangatkan tubuh.

Fasilitas & Lokasi Lolai Toraja Utara

Negeri di atas awan Toraja Utara yang menakjubkan ini, memang belum memiliki fasilitas yang begitu mewah. Namun sudah cukup untuk menunjang kebutuhan Sobat Turisian jika berkunjung ke sana. Seperti area parkir, toilet, hingga warung-warung makanan buat ngemil dan ngopi.

Selain itu, ada beberapa Teras Tongkonan Lempe (rumah adat Toraja) yang juga bisa menjadi tempat bersantai Sobat Turisian. Lebih asyik bersantainya sambil menikmati kopi Toraja yang disajikan pemilik rumah Tongkonan tersebut.

Bagi Sobat Turisian yang ingin bermalam di tempat wisata Toraja ini, bisa mencoba sensasi berkemah. Tak usah khawatir soal perlengkapannya karena di sini sudah tersedia penyewaan tenda dengan biaya yang cukup murah. Harganya mulai dari Rp50 ribu per malam untuk ukuran kecil dan Rp80 ribu per malam untuk ukuran besar.

Baca juga: Tongkonan yang Unik dan Indah, Rumah Panggung Tradisional Masyarakat Toraja

Lokasi puncak Lolai atau Negeri di Atas Awan Toraja ini, terletak di Desa Lolai, Kecamatan Kapala Pitu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Objek wisata ini berjarak sekitar 20 km dari Kota Rantepao (ibu kota Toraja Utara).

Sobat Turisian dapat mengunjungi tempat ini menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Jangan lupa untuk menyiapkan jaket atau pakaian hangat lainnya karena udaranya sangat dingin.*

 

Pos terkait