Kawasan Objek Wisata Cipanas tak Terdampak Gempa Cianjur, Buka Seperti Biasa

Kawasan Objek Wisata Cipanas
Dua wanita berjalan di Kebun Raya Cibodas, Cipanas, Cianjur di tengah kabut tebal yang menyelimuti. (Instagram/@wisatakebunraya_cibodas)

TURISIAN.com – Kawasan objek wisata Cipanas tidak terdampak gempa yang terjadi di Kabupaten Cianjur pada, Senin 21 November 2022.

Bahkan untuk, Kebun Raya Cibodas yang berlokasi di Jalan Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Kecamatan Cipanas, masih beroperasi seperti biasa.

Begitu pun dengan Taman Bunga Nusantara Cipanas masih menerima kunjungan wisatawan seperti biasa.

Hanya saja, bagi wisatawan yang berasal dari arah Bandung yang akan  melewati Kota Cianjur-Cipanas masih harus melewati beberapa titik kemacetan.

BACA JUGA: Patung Dewi Kunthi Taman Bunga Nusantara Cipanas Rusak Akibat Gempa

Utamanya, di simpang Gasol Kecamatan Cugenang yang menjadi titik pusat terjadinya gempa berkekuatan magnitudo 5,6.

“Kami masih buka seperti biasa. Bagi masyarakat yang ingin berkunjung pada akhir pekan ini, tetap bisa mengunjungi ke beberapa spot wisata yang ada disini,” kata Muhammad Iqbal Harraz, Direktur Operasional Taman Bunga Nusantara, kepada Turisian.com, kemarin.

Ia menjelaskan, saat terjadi gempa pengunjung  dan manajemen Taman Bunga Nusantara ikut merasakan guncangan yang cukup keras. Bahkan, beberapa pot-pot bunga berjatuhan.

“Namun, tidak begitu parah. Kami langsung segera membenahi kembali pot-pot tersebut. Dan sekarang sudah rapih lagi,” tambahnya.

BACA JUGA: Gempa Bumi Pangandaran tak Pengaruhi Wisatawan, Pantai Tetap Penuh

Kebun Raya Cibodas

Sementara itu, General Manager Corporate Communications Kebun Raya Cibidas Cipanas Zenal Arifin juga menyampaikan bahwa pihaknya tetap beroperasi seperti hari-hari biasa.

“Kebun Raya Cibodas tidak terdampak (gempa), aman, dan bisa dikunjungi seperti biasa,” katanya.

Bagi yang ingin berwisata ke Kebun Raya Cibodas bisa mengunjunginya pukul 08.00-16.00 WIB pada hari Senin-Jumat, dan pukul 07.00-16.00 WIB pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional.

Harga tiket masuk bagi wisatawan nusantara dan mancanegara sama saja, yaitu mulai Rp 15.500 pada hari Senin-Jumat, dan mulai Rp 25.500 pada Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional.

BACA JUGA: Mau Tutup Tahun, Ini Harga Tiket Masuk ke Kebun Raya Cibodas

“Harga tiket itu sudah berlaku untuk anak yang tingginya di atas 80 sentimeter,” jelas Zaenal Arifin.

Sementara itu, tarif masuk mobil mulai Rp 35.000, tarif masuk motor atau kendaraan roda dua di hari biasa mulai Rp 5.000, dan tarif masuk sepeda mulai Rp 5.000.

Untuk diketahui, sepeda motor tidak diperkenankan masuk ke area Kebun Raya Cibodas pada hari Minggu dan hari libur nasional.

“Untuk tiket bisa dibeli secara online di website kebunraya.id atau bisa beli langsung di Kebun Raya Cibodas-nya, bisa bayar tunai atau pakai Qris,” tambahnya.

Namun demikian, bagi yang akan berkunjung ke kawasan objek wisata Cipanas dihimbau tetap waspada.  Perhatikan kondisi cuaca dan selalu update infomarsi terkait gempa. ***

Pos terkait