Mau Tutup Tahun, Ini Harga Tiket Masuk ke Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas
Suasana alam terbuka di Kebun Raya Cibodas, Cipanas Cianjur, Jawa Barat menghadirkan kesan yang mendalam. (Instagram/@wisatakebunraya_cibodas)

TURISIAN.com – Akhir tahun (2022) tinggal menghitung hari. Jika kalian ingin menghabiskan moment penting ini dialam terbuka, Kebun Raya Cibodas bisa menjadi pilihan.

Berada di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Lokasi ini jaraknya sekitar 100 kilometer (km) jika ditempuh dari Jakarta. Atau  80 km jika ditempuh dari Kota Bandung.

Kawasan ini punya berbagai koleksi tumbuhan unik dan langka baik dari dalam maupun luar negeri. Seperti aneka bunga anggrek yang menjadi Puspa Pesona, bunga kuku macan dari New Guinea, dan bunga bangkai khas Indonesia.

Bahkan dalam kawasan Kebun Raya Cibodas ada beberapa taman tematik yang berisi kelompok tumbuhan berbeda.

BACA JUGA: Enam Kebun Raya di Indonesia, Pilihan Tepat Wisata Keluarga

Misalnya Taman Sakura yang memiliki lima jenis bunga aakura, yakni Prunus cerasoides, Prunus yedoensis, Prunus yamasakura, Prunus lannesiana, dan Prinus sp.

Kemudian ada Taman Rhododendron yang diisi oleh bunga-bunga semak, atau kerap juga disebut azalea.

Selanjutnya ada Taman Obat yang mempunyai ratusan jenis tanaman obat, Taman Lumut yang berbentuk seperti habitat lumut, dan Taman Liana yang mengoleksi tanaman rambat.

Berikutnya pengunjung juga bisa menemukan koleksi tanaman indoor (dalam ruangan) yang ada di Rumah Kaca, seperti anggrek, kaktus, dan tanaman sukulen. Rumah Kaca ini juga berfungsi sebagai tempat pembibitan.

BACA JUGA: Menikmati Petang Di Sisi Istana Cipanas, Tetap Menyimpan Keindahan

Cara beli dan harga tiket masuk per November 2022

Kebun Raya Cibodas berlokasi di Jalan Kebun Raya Cibodas, Sindangjjaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Harga tiket masuk untuk wisatawan nusantara dan mancanegara mulai dari Rp 15.550 pada hari biasa (Senin-Jumat), dan mulai Rp 25.500 pada akhir pekan dan libur nasional.

BACA JUGA: Samaun Hill Park Surga Liburan Keluarga di Kabupaten Lebak

Kebun Raya Cibodas buka setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB pada hari Senin-Jumat, serta pukul 07.00-16.00 WIB pada hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional.

“Untuk tiket bisa dibeli secara online di website kebunraya.id. Atau bisa beli langsung di Kebun Raya Cibodas-nya. Bisa juga  bayar tunai atau pakai Qris,” kata Humas Kebun Raya Clara seperti dikutip Turisian.com dari Kompas.com, Kamis 17 November 2022.

Clara menambahkan, harga tiket di atas sudah berlaku untuk anak yang tingginya di atas 80 sentimeter. ***

Pos terkait