Pesta Laut Bontang Kuala 2022, Jadi Andalan Pariwisata Kaltim

Pesta Laut Bontang Kuala
Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Sultan Adji Muhammad Arifin saat menghadiri pembukaan acara Pesta Laut Bontang Kuala 2022 yang akan berlangsung hingga 20 November 2022. Foto: Dok.DPRD Bontang

TURISIAN.com – Pesta Laut Bontang Kuala 2022 yang akan berlangsung hingga 20 November 2022 berlangsung menjadi salah satu event andalan pariwisata Kalimantan Timur (Kaltim).

Bahkan event ini pun mendapat dukungan penuh dari  penuh PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim).

Event tersebut dimulai dengan rangkaian Tari Jepen, Baris Berantai dan Tari Daling dari suku Bajau. Kegiatan ini juga menjadi salah satu upaya untuk tetap melestarikan budaya asli masyarakat Kutai di Kota Bontang.

VP Komunikasi Korporat Pupuk Kaltim Tommy Johan Agusta, mengungkapkan pelestarian adat dan budaya daerah bagian dari komitmen Pupuk Kaltim bagi masyarakat (Bontang).

Pelestarian budaya tadi, yakni dengan terus meningkatkan kontribusi dan dukungan pada berbagai kegiatan bertema kebudayaan di Kota Bontang.

BACA JUGA: Petualangan Seru ke Bontang Mangrove Park Taman Nasional Kutai Kaltim

Perhelatan Erau Pelas Benua

Hal ini juga bentuk peran serta Pupuk Kaltim mendorong potensi budaya sebagai salah satu daya tarik pariwisata.

Disamping, sebagai warisan bagi generasi penerus yang wajib dipertahankan dan dilestarikan.

“Pelestarian adat dan budaya menjadi salah satu komitmen Pupuk Kaltim, agar terus dipertahankan sebagai identitas dan kebanggaan bagi generasi mendatang. Khususnya di Bontang Kuala,” kata Tommy seperti dikutip Turisian.com dari Bisnis.com, Sabtu 19 November 2022.

Event ini sendiri dibuka secara resmi oleh Wakil Wali Kota Bontang Najirah bersama Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XXI Adji Muhammad Arifin, di panggung adatr Bontang Kuala, pada Rabu 16 November 2022 lalu.

BACA JUGA: Tiga Destinasi Wisata Menarik di Bontang Kaltim yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Hadir juga pada kesempatan tersebut,  Manajemen PKT dan Forkopimda Bontang

Pembukaan Pesta Laut Bontang Kuala ini rangkaian kunjungan Sultan Adji Muhammad Arifin ke Kota Bontang, yang sebelumnya turut membuka perhelatan Erau Pelas Benua di Kelurahan Guntung, Selasa (15/11/2022

Dukungan pesta laut Bontang Kuala menjadi komitmen Pupuk Kaltim setiap tahun, sebagai wujud kedekatan perusahaan dengan masyarakat. Dimana, selama ini memang sudah terbina melalui sinergi dan kerjasama yang baik.

Dirinya berharap kegiatan ini dapat menjadi sarana pengembangan potensi Bontang Kuala sebagai salah satu destinasi wisata unggulan Bontang, dengan akar budaya yang terus terjaga.

Kesultanan Kutai Kartanegara

BACA JUGA: 6 Objek Wisata Sungai di Indonesia yang Menarik Kalian Jelajahi

“Pesta Laut Bontang Kuala ini satu rangkaian dengan Erau Pelas Benua Guntung, yang juga didukung Pupuk Kaltim. Melalui kegiatan bertema budaya seperti ini, harmonisasi antara perusahaan dengan masyarakat diharap  semakin kuat kedepannya,” tambah Tommy.

Mewakili kerabat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Awang Agus Dharmawan, berharap pesta laut Bontang Kuala dapat terus terselenggara setiap tahun. Tujuannya,  dalam mempertahankan adat budaya Kutai di Kota Bontang.

Menurut Awang, dengan dukungan penuh masyarakat bersama Pemerintah dan stakeholder terkait lainnya.

Rangkaian kegiatan yang diisi berbagai upacara adat dan lomba olahraga pesisir ini diyakini akan terus menjadi bagian dari daya tarik dan ciri khas Bontang Kuala.

“Atas nama Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, kami harap kegiatan ini bisa terus terlaksana di Bontang Kuala. Sebagai upaya mempertahankan tradisi dan adat budaya Kutai di Kota Bontang,” ujar Awang terhadap event yang bakal berlangsung hingga Minggu 20 November 2022 itu. ***

 

Pos terkait