6 Objek Wisata Sungai di Indonesia yang Menarik Kalian Jelajahi

Wisata Sungai Indonesia
Sungai Musi dengan Jembatan Ampera di Palembang, Sumsel. (iStock)

TURISIAN.com – Sobat Turisian yang selama ini lebih sering liburan ke laut dan pantai, sesekali coba sensasi wisata susur sungai. Banyak objek wisata sungai di Indonesia yang menarik buat kalian jelajahi saat liburan nanti.

Wisata sungai menjadi salah satu opsi liburan anti-mainstream yang sayang Sobat Turisian lewatkan. Tidak hanya sekadar melamun dan menenangkan pikiran, saat ini banyak objek wisata sungai di Indonesia yang menawarkan wisata minat khusus yang menarik untuk kalian coba, seperti arung jeram atau rafting.

Nah berikut ini ada 6 objek wisata sungai di Indonesia yang menarik untuk Sobat Turisian rasakan sensasinya biar menambah pengalaman, di antaranya:

1. Sungai Mahakam Kaltim

Objek wisata sungai di Indonesia yang pertama dan menjadi incaran wisatawan adalah Sungai Mahakam di Kalimantan Timur. Sungai terpanjang kedua di Indonesia ini menawarkan pengalaman liburan wisata sungai yang menyenangkan.

Mahakam yang memiliki panjang hingga 920 km ini merupakan rumah bagi hewan langka, yaitu lumba-lumba air tawar atau terkenal dengan sebutan Pesut Mahakam. Selain itu, Sobat Turisian bisa bertemu langsung dengan raja udang, burung enggang, bangau, lutung, hingga berang-berang di Sungai Mahakam.

2. Sungai Asahan, Sumut

Asahan menjadi salah satu primadona destinasi wisata sungai di Sumatera Utara. Tidak hanya menjadi destinasi wisata andalan masyarakat lokal, Sungai Asahan juga menjadi incaran pecinta wisata arung jeram karena termasuk wisata spot arung jeram terbaik ketiga di dunia.

Bagi Sobat Turisian yang masih pemula jangan khawatir, karena Sungai Asahan memiliki beberapa spot dan level jeram yang bisa kalian pilih. Sambil bermain arung jeram, Sobat Turisian akan disuguhi dengan pemandangan tebing dan air terjun yang indah.

3. Sungai Maron, Jawa Timur

Selanjutnya, objek wisata sungai di Indonesia yang satu ini hampir tidak pernah sepi pengunjung. Pasalnya sungai yang terletak di Pacitan, Jawa Timur ini menawarkan pemandangan dan suasana layaknya di Sungai Amazon.

Baca juga: Inilah 5 Destinasi Wisata Olahraga di Indonesia yang Wajib Dicoba Keseruannya

Walau harus melewati medan yang cukup menanjak dan curam untuk menuju Sungai Maron, namun Sobat Turisian jamin tidak akan menyesal. Karena pemandangan air Sungai Maron ini sangat indah. Airnya berwarna hijau kebiruan dan sekelilingnya tumbuh pepohonan rindang yang asri.

4. Sungai Ayung, Bali

Bergeser ke Pulau Dewata, Sobat Turisian bisa mengunjungi destinasi wisata sungai yang menarik, yaitu Sungai Ayung. Sungai terpanjang di Bali yang berlokasi di Kedewatan Ubud ini terkenal sebagai tempat arung jeram yang menurut “Skala Kesulitan Sungai Internasional” dengan enam tingkat kesulitan.

Di Sungai Ayung, Sobat Turisian juga akan terpukau dengan airnya yang jernih, udara sejuk, dan pemandangan indah. Saking indahnya, panjang arung jeram di Sungai Ayung yang mencapai 10 km terasa sangat ringan dan lebih menyenangkan.

5. Sungai Cukang Taneuh, Jawa Barat

Objek wisata sungai di Indonesia yang tidak kalah menarik untuk Sobat Turisian jelajahi berikutnya ada di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Namanya Sungai Cukang Taneuh atau lebih populer dengan sebutan Green Canyon.

Dalam bahasa setempat, Cukang Taneuh berarti “Jembatan Tanah”. Pemilihan nama ini berdasar pada jembatan alami yang berasal dari tanah dan melintang di atas Sungai Cijulang.

Salah satu aktivitas yang menarik untuk Sobat Turisian coba di sungai ini, yaitu naik perahu sambil telusur Sungai Cijulang. Sepanjang perjalanan, kalian akan terkagum-kagum dengan keindahan alam yang masih alami. Lalu spot menariknya saat melintasi gua yang penuhi stalaktit dan stalakmit.

6. Sungai Musi, Sumsel

Terakhir, destinasi wisata sungai di Indonesia yang sangat populer, yaitu Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan. Musi ini mendapat gelar sebagai sungai terpanjang di Sumatera dengan ikon Jembatan Ampera. Tempat ini menawarkan aktivitas serta pengalaman berlibur yang menyenangkan dan tidak terlupakan.

Baca juga: 5 Atraksi Wisata Ikonik Indonesia yang Bikin Takjub Saat Melihatnya

Ketika mengunjungi Sungai Musi, Sobat Turisia jangan lupa sempatkan waktu mampir ke Pulau Kemaro yang lokasinya berada di tengah sungai ini. Di Pulau Kemaro kalian bisa mengunjungi berbagai objek wisata yang menarik, seperti Pagoda, Klenteng Hok Tjing Rio, atau Pohon Cinta.*

 

 

 

Sumber: Kemenparekraf

Pos terkait