Tebet Eco Park, Spot Rekreasi yang Asyik di Tengah Kota Jakarta

Tebet Eco Park Jakarta
Tebet Eco Park Jakarta. (Source: jakarta-tourism)

di TeTURISIAN.com – Berada di tengah hiruk pikuk megapolitan seperti Jakarta, Sobat Turisian pasti membutuhkan tempat yang asyik untuk menghirup udara segar dan merelaksasi tubuh. Sekaligus rekreasi bersama orang tercinta. Nah jawabannya, kalian bisa datang ke Tebet Eco Park (TEP).

Destinasi wisata kota ini, sebelumnya terkenal sebagai hutan kota dengan nama Taman Honda atau Taman Tebet. Taman tersebut terbagi dua bagian, Taman Tebet Utara dan Taman Tebet Selatan yang  hanya terpisahkan oleh Jalan Tebet Barat, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Kala itu, meskipun fasilitasnya terbatas keberadaannya cukup berarti bagi masyarakat yang ingin berolahraga atau sekadar menikmati udara segar di tengah kota. Setelah revitalisasi, wajah taman yang menempati area seluas 7,3 hektar ini telah bertransformasi 180 derajat dengan nama baru Tebet Eco Park.

Penampilannya jauh lebih tertata, asri, indah, dan makin asyik dengan fasilitas yang lengkap. Dua taman yang tadinya terpisah pun sudah terhubung dengan Infinity Link Bridge.

Baca juga: Bagi yang Merusak Fasilitas Tebet Eco Park, Begini Sanksinya

Penyelarasan antara fungsi ekologi, sosial, edukasi, dan rekreasi melatarbelakangi lahirnya taman yang satu ini. Jamin Sobat Turisian akan betah berlama-lama di sini.

Zona Asyik di Tebet Eco Park Jakarta

Tebet Eco Park juga menawarkan 8 zona menarik yang memiliki fungsi masing-masing. Meliputi Infinity Link Bridge, Community Garden, Children Playground, Community Lawn, Forest Buffer, Plaza, Thematic Garden, dan Wetland Boardwalk. Kehadiran zona ini pun menjawab kebutuhan akan penataan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang bisa mengakomodasi semua kalangan baik tua, muda, dan anak-anak.

Setiap zona TEP hadir dengan rancangan untuk mengambil peran penting dalam keberlangsungan lingkungan dan interaksi sosial. Mulai dari menjaga kualitas alamiah lingkungan hingga meningkatkan kualitas hidup pengunjung dan masyarakat sekitarnya.

Realisasinya dalam bentuk renaturalisasi sungai, rawa (wetland) yang menjadi kolam retensi, serta konservasi tanaman dan penanaman kembali untuk mereduksi polusi. Sampai berbagai ruang hijau terbuka di Tebet Eco Park yang berfungsi memfasilitasi masyarakat untuk berinteraksi.

Baca juga: Belajar Mengenal Budaya Betawi di Kampung Wisata Setu Babakan Jakarta

Di tempat wisata Jakarta ini, Sobat Turisian juga bisa melakukan berbagai hal yang asyik dan menyenangkan. Apalagi menikmatinya bersama keluarga atau teman. Aktivitasnya antara lain piknik di Community Lawn, bermain di play ground bersama buah hati tercinta, jogging pagi di Infinity Link Bridge, dan lainnya.*

Pos terkait