Sendang Maerokoco, Sumber Air di Dieng yang Dipercaya Bikin Awet Muda

Sendang Maerokoco Dieng
Sendang Maerokoco Dieng.

TURISIAN.com – Sendang Maerokoco bersama Sendang Sedayu dan Dharmasala merupakan sumber air penting di Dataran Tinggi Dieng. Menjadi air yang suci yang dapat membersihkan diri dan jiwa umat ketika akan melakukan persembahyangan.

Lokasi sendang tersebut berada di Desa Dieng Kulon, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Termasuk dalam area Kompleks Candi Arjuna. Sehingga tiket masuk ke area ini tergabung dengan tiket masuk Kompleks Candi Arjuna.

Sebelum memasuki kompleks Candi Arjuna, Sobat Turisian akan menemukan dua buah bangunan serupa. Bentuknya mirip pendapa, yakni Sendang Maerokoco dan Sendang Sedayu.

Perkiraannya sumber air tersebut sudah ada bersamaan dengan pembangunan Kompleks Candi Arjuna sekitar abad 8 Masehi. Bahkan, ada sumber yang menyebutkan keberadaannya lebih tua, karena berkaitan dengan kepercayaan Kapitayan.

Baca juga: Berkunjung ke Kompleks Candi Arjuna, Percandian Terbesar di Kawasan Dieng

Sebagai informasi, Kapitayan sendiri merupakan sistem kepercayaan yang masyarakat setempat yakini, sebelum masuknya Hindu dan agama-agama lain. Dalam kepercayaan ini, keberadaan air atau sumber air sangat penting karena mereka anggap sebagai tempat awal kehidupan.

Etimologi Sendang Maerokoco

Sementara itu, dalam agama Hindu ada dua hal penting dalam penentuan tempat pembangunan peribadatan. Dua hal tersebut yaitu berada di ketinggian dan adanya sumber mata air yang mereka anggap suci.

Dengan begitu Sendang Maerokoco dan dua sendang lainnya menjadi bagian yang tak terpisahkan dari acara sakral masyarakat setempat, ruwatan anak berambut gimbal. Di ketiga tempat itulah, anak-anak berambut gimbal sebelum ritual potong rambut akan mandi untuk pensucian.

Baca juga: Telaga Warna Dieng yang Memesona dengan Air Berubah-ubah Warna

Secara etimologi, “sendang” berarti kumpulan air suci, sedangkan “maerokoco” merujuk pada sosok Gatotkaca. Konon, di sumber mata air ini, setiap orang yang datang harapannya dapat melakukan introspeksi terhadap semua hal yang pernah mereka lakukan. Menurut mitos, air dari sendang-sendang ini dapat membuat awet muda bagi yang mencuci muka di sana.*

 

 

 

Sumber & Foto: Disparbud Kab. Banjarnegara

Pos terkait