Dukung Pariwisata, LPS Luncurkan Bantuan Kepada Pura Sakenan dan Asya-Syuhada

Pura Sakenan
Pura Ulun Danu Bratan, candi Hindu di lanskap danau Bratan ini menjadi salah satu objek wisata terkenal di Bali. Foto: iStock

TURISIAN.com – Pura Sakenan dan Masjid Asy-Syuhada di Pulau Serangan, Bali mendapat bantuan dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Bantuan tersebut, bagian dari upaya untuk  mendukung pariwisata Bali melalui program  bantuan untuk merevitalisasi rumah ibadah.

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan kegiatan tanggung jawab sosial lembaga (Corporate Social Responsibility/CSR) ini akan terus bergulir dari tahun ke tahun.

“Intinya LPS akan selalu siap mendukung daya tarik pariwisata di Bali. Apalagi Pura Sakenan ini dibangun sejak abad ke 10. Dan Masjid Assyuhada ini sudah ada sejak abad 17,” kata Yudhi dalam keterangan resminya, seperti dikutip Turisian.com dari Antaranews, Sabtu 12 November 2022.

BACA JUGA: Nusantara Culinary Journey di Sunset Bar Lawn Bali Dipadati Wisman

Menurut Yudhi, keberadaan dua rumah ibadah ini menjadi salah satu contoh konkret telah adanya toleransi beragama sejak lama.

“Ini menunjukkan di Bali sudah ada toleransi beragama di sini, kawasan ini merupakan simbol yang baik bagi toleransi beragama bangsa kita,” ujarnya.

Adapun bantuan sosial LPS Peduli Bakti Bagi Negeri ini antara lain, bantuan sosial untuk Pura Sakenan berupa dukungan penataan area pelataran parkir pura.

Rehabilitasi Fasilitas Umum

Kemudian, rehabilitasi bangunan aula wantilan, rehabilitasi bangunan perantenan (dapur), rehabilitasi bangunan Gedong, dan rehabilitasi fasilitas umum toilet Pura.

BACA JUGA: Tanah Wuk Bali, Spot Wisata yang Menyenangkan Buat Liburan

Sedangkan,  bantuan sosial untuk Masjid As-syuhada berupa dukungan penggantian plafon kubah utama, plafon kanopi, plafon luar, revitalisasi area Wudhu.

Termasuk, area sholat, area pengajian, penggantian keramik granit dan pengecatan ulang seluruh area dinding dan pagar masjid.

“Sesudah direvitalisasi, jika saya melihat langsung, secara keseluruhan sudah lebih baik dari sebelumnya,” katanya.

“Dan sudah lebih baik untuk dikunjungi oleh para wisatawan, walaupun di beberapa tempat masih perlu perhatian. Seperti misalnya perluasan area parkir,” sambung Yudhi.

BACA JUGA: Okupansi Hotel di Bali Naik Tajam, Wisatawan tak Kebagian Kamar

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana yang turut hadir dalam kesempatan itu, sangat menyambut baik dan mengapresiasi inisiasi LPS.

Khususnya,  dalam membantu revitalisasi yang dilakukan sebagai bagian pengembangan Desa Wisata Serangan ini.

“Kolaborasi sinergis antara seluruh pemangku kebijakan ini menjadi langkah strategi. Terutama, sebagai landasan pembangunan berkelanjutan di Kota Denpasar. Tentu juga,  berdasarkan spirit Vasudhaiva Kutumbakam atau menyama braya,” ujarnya. ***

Pos terkait