Jip Wisata Tebing Breksi Diperiksa Dinas Perhubungan, Karena Pertimbangan Ini

Jip Wisata Tebing Breksi
Petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman memeriksa salah satu jip taman wisata Tebing Breksi. (Instagram/@perhubungansleman)

TURISIAN.com – Kendaraan jip wisata Tebing Breksi di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta diperiksa Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sleman.

Pemeriksaan tersebut dalam rangka test fisik dan uji kelayakan kendaraan jip wisata Tebing Breksi guna memastikan keamanan dan kenyamanan saat melayani wisatawan.

“Pemeriksaan ini kami lakukan dua hari, kemarin Selasa (8/11) dan hari ini, ada lebih dari 64 armada jip yang diperiksa,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman Arip Pramana di Sleman, Rabu 9 November 2022.

Menurut dia, dalam pemeriksaan tersebut sementara ini ditemukan sejumlah armada jip wisata mengalami yang sedikit kerusakan.

BACA JUGA: Banyak Destinasi Baru di Sleman Yogyakarta, Apa Saja ?

“Kerusakan tersebut berupa retak pada slang fleksibel. Demi keamanan dan keselamatan wisatawan, armada tersebut sementara diminta tidak beroperasi sebelum dilakukan perbaikan,” katanya.

Ia mengatakan, kerusakan tersebut dirasa cukup vital karena berkaitan dengan sistem pengereman kendaraan.

“Selang fleksibel yang retak- retak harus diganti, karena ini berhubungan dengan pengereman. Kalau sudah diperbaiki, bisa dicek ulang,” katanya.

Arip mengatakan, pemeriksaan fisik kendaraan pada jip wisata ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Dinas Perhubungan Sleman setiap tahun.

BACA JUGA: Watu Tapak Camp Hill, Tempat Terbaik Menikmati Lanskap Jogja

Lereng Gunung Merapi

Bukan hanya di Breksi, pemeriksaan juga dilakukan bagi armada jip wisata di kawasan lereng Gunung Merapi, baik di Kaliurang maupun Kaliadem Cangkringan.

Kepala Seksi Pengendalian dan Operasional Dishub Kabupaten Sleman Bob librianto mengatakan, pemeriksaan fisik kendaraan jip wisata tahun ini sedikit berbeda dibanding tahun lalu.

BACA JUGA: Watu Giring Gunungkidul, Bekas Tambang Kapur Disulap jadi Tempat Wisata Kece

Tahun ini ada peningkatan komponen yang diperiksa. Selanjutnya, bagi armada yang telah lolos pemeriksaan fisik maka akan ditempel stiker.

“Stiker menandakan standar minimal teknis keselamatan telah terpenuhi,” katanya.

Menurut dia, mayoritas jip wisata di Breksi kondisinya masih cukup bagus. Bahkan surat kendaraan juga lengkap.

“Namun, saat diperiksa fisik memang ditemukan ada 20 armada yang slang fleksibelnya retak,” katanya. ***

Sumber: Antaranews

Pos terkait