Gua Jepang Pundong, Peninggalan Masa Perang Dunia II di Yogyakarta

Gua Jepang Pundong
Gua Jepang Pundong di Bantul, DIY. (Source: visitingjogja)

TURISIAN.com – Gua Jepang Pundong di Yogyakarta merupakan peninggalan bersejarah Jepang di masa Perang Dunia II. Sehingga sangat menarik untuk Sobat Turisian kunjungi dan melihatnya dari dekat. Selain itu, panorama alam sekitarnya pun sangat indah dan sayang jika kalian lewatkan.

Ketenaran objek wisata gua ini karena sempat viral dengan banyaknya foto-foto spot selfi bertebaran di medsos. Foto tersebut menampilkan bunga sepatu besar dan bulan sabit besar dengan garis pantai sebagai backgroundnya. Spot foto cantik tersebut berada di kawasan gua Jepang yang satu ini.

Objek Gua Jepang Pundong ini merupakan salah satu peninggalan Jepang di Yogyakarta pada masa Perang Dunia II. Gua tersebut berdiri di atas tebing di daerah Pundong pada tahun 1942-1945. Dulunya berfungsi sebagai tempat pertahanan dan tempat pengintaian musuh yang datang dari pantai selatan. Inilah kenapa dari gua ini, Sobat Turisian bisa melihat jelas garis pantai selatan.

Secara keseluruhan destinasi gua ini memiliki 18 bunker yang saling berhubungan namun memiliki fungsi yang berbeda. Ada yang berfungsi sebagai ruang pertemuan, menara pengintai, bahkan dapur. Kemudian terdapat bunker yang berada di ketinggian sekitar 400-500 meter yang dari sini Sobat Turisian dapat melihat pemandangan pantai selatan.

Baca juga: Pantai Depok Bantul, Tempat Asyik Nikmati Keindahan Alam dan Sajian Seafood

Posisi Gua Jepang Pundong yang berada di atas tebing menawarkan pemandangan yang sangat indah bagi Sobat Turisian yang datang ke sini. Dari spot yang ini, Sobat Turisian bisa menikmati pemandangan eksotis. Hasil perpaduan perbukitan hijau yang membentang di sepanjang pantai selatan dengan indahnya laut selatan.

Akses ke Gua Jepang Pundong Yogyakarta

Lokasi objek wisata gua ini berada di Pundong, Kabupaten Bantul, berjarak kurang lebih 25 km dari Kota Yogyakarta. Sobat Turisian dari pusat kota ambil arah Jalan Parangtritis terus ke selatan hingga melewati jembatan Sungai Opak.

Setelah itu, sekira 100 meter sesudah jembatan ada papan petunjuk Gua Jepang Pundong, lalu ambil kiri. Ikuti jalan melintasi jalan Kretek Siluk kurang lebih 1 km sampai bertemu pertigaan.

Baca juga: Berburu Spot Foto Eksotik dan Instagenic di Hutan Pinus Pengger Bantul

Dari pertigaan Sobat Turisian tinggal ambil kanan. Setelah itu bisa gunakan GPS untuk menemukan lokasi atau bertanya ke penduduk sekitar mengenai lokasi Gua Jepang di Yogyakarta yang satu ini.*

Pos terkait