Saat Liburan ke Prambanan, Jangan Lupa Mampir ke Tebing Banyunibo Sleman!

Tebing banyunibo
Tebing Banyunibo, Kabupaten Sleman, DIY. (Source: Dispar Sleman)

TURISIAN.com – Kalau Sobat Turisian liburan di Yogyakarta dan berkunjung ke Kabupaten Sleman, jangan lupa mampir ke Tebing Banyunibo. Sebuah kawasan tebing kapur bekas galian seperti Tebing Breksi yang berubah menjadi taman batu dan pusat kuliner perbukitan Prambanan.

Tebing ini terkenal karena menjadi wisata pelengkap paket tour Jeep Offroad Tebing Breksi. Di samping itu juga menjadi tempat favorit beristirahat para pesepeda pada akhir pekan.

Meski pengelolaan destinasi wisata Tebing Banyunibo Sleman ini masih swadaya masyarakat, namun sejak buka pada 2017 lalu, pengunjungnya terus bertambah hingga kini. Para wisatawan datang terutama di saat sore hari.

Mereka datang bersama keluarganya untuk jalan-jalan sore sambil menanti keindahan senja di tempat ini. Kemudian bagi anak-anak tersedia kolam ikan di bagian bawah batu yang dapat membuat mereka senang.

Selanjutnya bagi para pesepeda, Tebing Banyunibo menjadi tempat favorit saat bersepeda di hari Minggu pagi. Di sini tersedia sejumlah warung kuliner yang menjadi buruan para pesepeda ketika beristirahat. Ada sekitar 6 warung, tiga di antaranya buka pagi hingga malam setiap harinya. Sedangkan sisanya hanya buka di akhir pekan.

Warung-warung makan tersebut, menyajikan berbagai macam menu makanan. Antara lain menu soto, nasi pecel, mie ayam, kopi, dan menu lainnya. Kemudian pada malam hari, menyediakan nasi goreng dan bakmi jawa.

Baca juga: Desa Wisata Pulewulung Sleman, Tempat Menarik Dikunjungi Saat Liburan Nanti

Di luar daya tarik aktivitas wisata dan keindahan alam sekitarnya, destinasi Tebing Banyunibo Sleman pun sudah tertata cukup apik. Sehingga Sobat Turisian akan merasa nyaman dan betah berlama-lama di tempat ini. Cocok pula buat santai sejenak melepas kepenatan.

Spot paling favorit di objek wisata Yogyakarta yang satu ini, yaitu bagian tamannya. Sebab suasananya enak sekali sebagai tempat menikmati makanan dan minuman. Tak hanya itu, fasilitas pendukung yang tersedia juga cukup lengkap, seperti pendopo, gazebo, musala, dan toilet.

Termasuk tempat parkir kendaraan yang tersedia cukup untuk menampung motor maupun mobil. Sementara untuk bus kecil dan besar belum dapat masuk ke lokasi langsung karena kondisi jalan yang sempit melewati area pemukiman warga.

Lokasi & Akses ke Tebing Banyunibo

Tempat wisata Sleman ini buka setiap hari, mulai dari pukul 06.00 WIB sampai dengan 23.00 WIB. Lokasinya di Dusun Marangan, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Berada tepat di bawah kawasan perbukitan Prambanan dan dekat dengan Situs Candi Banyunibo.

Baca juga: Asyiknya Nongkrong di Warung Kopi Klotok Sleman

Untuk menuju Tebing Banyunibo, Sobat Turisian bisa melalui rute atau akses yang hampir sama dengan rute ke Tebing Breksi karena posisinya berada di sebelah bawah. Dari Jalan Prambanan-Piyungan, kalian tinggal masuk ke arah timur mengikuti papan petunjuk arah menuju Tebing Breksi dan Candi Ijo.

Kemudian di tanjakan pertama setelah jembatan sungai kecil, langsung belok ke arah kiri menyusuri tepian sungai. Sekitar jarak 300 meter, Sobat Turisian sudah tiba di kawasan wisata tebing ini.*

 

Pos terkait