Menelusuri Wisata Borobudur Magelang, Mulai dari Wisata Sejarah Hingga Wisata Alam

Wisata Borobudur Magelang
Pemandangan udara Gereja Ayam. Sebuah bangunan unik di bukit Rhema, Magelang Yogyakarta. Foto: iStock

TURISIAN.com – Destinasi wisata Borobudur Magelang begitu beragam. Sebut saja mulai dari wisata sejarah, wisata kuliner, wisata tempat, wisata alam, dan lain sebagainya.

Tidak hanya Candi Borobudur, melainkan banyak pula tempat menarik di sekitarnya yang wajib dikunjungi. Kira-kira mana saja tempat wisata yang dimaksud?

Membicarakan destinasi wisata Borobudur Magelang memang tidak akan terlepas dari Candi Borobudur. Candi Borobudur sendiri merupakan candi agama Budha yang sudah dibangun sekitar abad ke-8 dan ke-9.

BACA JUGA: Pentingnya Booking Hotel Dekat Candi Borobudur, Ini Alasannya

Candi Borobudur memiliki dinding dan langkan yang didekorasi dengan relief rendah halus.

Rasa takjub menjadi rasa yang selalu tergambar di benak wisatawan yang datang berkunjung ke tempat ini. Candi Borobudur memang megah dan wajar menjadi salah satu warisan dunia yang dilindungi.

Selain Candi Borobudur, berikut ini diberikan pula beberapa rekomendasi destinasi wisata di Borobudur sekitarnya:

1.Gereja Ayam

Destinasi wisata Borobudur Magelang selanjutnya yang tidak boleh terlewatkan adalah Gereja Ayam. Tempat ini menjadi sangat populer setelah dijadikan tempat syuting film Ada Apa Dengan Cinta 2. Mulai saat itu semakin banyak wisatawan berbondong-bondong datang.

Mengejar Sunrise dan Sunset

Momen sunset dan sunrise pun menjadi momen yang banyak diburu wisatawan.

BACA JUGA: SOP Baru Kunjungan Wisatawan ke Borobudur Diterapkan Desember

Gereja Ayam beralamat di Dusun Gombong, Kembanglimus, Borobudur, Magelang. Tempat ini dibuka untuk wisatawan mulai dari pukul 08.00-16.30 WIB.

Ada biaya tiket masuk mulai dari Rp30.000 per orang. Di tempat ini Sobat Turisian bisa menyaksikan langsung kemegahan Gereja Ayam yang berada di tengah pepohonan rindang.

2.Svargabumi

Destinasi wisata di Borobudur Magelang berikutnya tidak jauh dari Candi Borobudur, yakni hanya 1,5 km saja.

Destinasi wisata yang dimaksud adalah Svargabumi, surganya bagi Sobat Turisian yang suka selfie. Banyak spot selfie yang ciamik dengan latar pemandangan sawah hijau.

BACA JUGA: Pesan Hotel Dekat Candi Borobudur, Ini Bisa Jadi Rekomendasi

Siapa sangka pemandangan sawah bisa menjadi begitu estetik di tempat ini. Svargabumi yang beralamat di Jalan Borobudur – Ngadiharjo, Sawah, Magelang ini buka mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

3.Sungai Elo

Sungai Elo merupakan spot arung jeram populer di kota Magelang. Wisata di Borobudur ini berlokasi di kecamatan Mungkid, Magelang, Jawa Tengah.

Air sungai di sana konon tidak pernah surut meski di musim kemarau sekalipun. Area Sungai Elo dibagi menjadi beberapa kelas, di mana kelas II dan kelas III menjadi spot arung jeram aman bagi wisatawan.

BACA JUGA: 7 Tempat Wisata di Borobudur Magelang Paling Populer

Sobat Turisian bisa memilih paket arung jeram yang sesuai. Paket tersebut sudah mencakup biaya perahu boat, dayung, rompi pelampung, helm, dan petualangan yang didampingi pemandu.

Wisatawan diajak menjelajah trek kurang lebih sejauh 11 km dengan tantangan arus sungai dan bebatuan. Sudah tidak sabar bukan?

Itulah beberapa tempat wisata Borobudur Magelang yang direkomendasikan. Tentu masih banyak tempat seru lainnya untuk dikunjungi.

Jadi jangan cukup sehari, luangkan waktu liburan lebih lama untuk mengeksplor setiap sudut kota Magelang. ***

Pos terkait