Liburan Seru ke Ladon Little Island, Sisi Lain Destinasi Wisata Magelang

Destinasi wisata Magelang
Pengunjung saat menikmati pantai Ladon Little Island. Foto: Ist

TURISIAN.com – Destinasi wisata Magelang identik dengan keindahan tempat dan alam. Untuk Sobat Turisian yang ingin singgah menikmati keindahan tempat bisa memilih wisata tempat bersejarah atau wisata kota.

Pilihan lain ada wisata alam dengan suguhan panorama cantik yang masih asri, salah satunya pantai di Magelang. Tunggu dulu, benarkah ada pantai di kota Magelang? Check this out!

Lokasi Ladon Little Island

Pantai memang menjadi tempat yang selalu memberi ketenangan. Suasana pantai dengan hamparan pasir luas dan deburan ombak membuat rasa berat hati untuk pulang.

BACA JUGA: Menelusuri Wisata Borobudur Magelang, Mulai dari Wisata Sejarah Hingga Wisata Alam

Berbicara tentang wisata pantai di kota Magelang sebenarnya tidak ada pantai yang benar-benar terletak di kota ini.

Jangan buru-buru kecewa. Belum lama ini ada satu tempat yang tengah menjadi viral. Nama tempat yang dimaksud adalah Ladon Little Island.

Bagi Sobat Turisian yang sudah puas berkeliling tempat wisata di Borobudur Magelang selanjutnya bisa menyegarkan diri dengan mengunjungi Ladon Little Island. Dimana lokasi tempat ini?

Tempat yang mulai viral di tahun 2020 ini beralamat di Desa Sangen, Magelang. Lokasinya cukup dekat dengan Candi Borobudur.

BACA JUGA: 7 Tempat Wisata di Borobudur Magelang Paling Populer

Kalian bisa mengakses tempat ini melalui Balai Ekonomi Desa atau Balkondes Candirejo. Nantinya ada papan petunjuk arah yang akan mengarahkan sampai ke pinggiran Sungai Progo.

Ladon Little Island, Pantai Ala-Ala

Ladon Little Island sebenarnya bukan pantai sesungguhnya, melainkan wisata alam pinggiran Sungai Progo yang disuguhkan dengan hamparan pasir sehingga memberi suasana yang mirip ala-ala pantai di Magelang.

Awal mulanya tempat ini merupakan pematang Sungai Progo yang mengering saat musim kemarau tiba.

Akan tetapi, uniknya di tepian Sungai Progo ini terdapat hamparan pasir seperti pasir pantai.

Kombinasi hamparan pasir dengan air Sungai Progo yang tenang pun seolah-olah nampak seperti pemandangan pantai yang indah. Pandangan indah dan istimewa.

BACA JUGA: Senangnya Berenang di Taman Wisata Air Kalibening Magelang dengan Latar Pegunungan

Tiket Masuk Ladon Little Island

Jika dilihat dari namanya, Ladon Little Island terdengar unik. Tentu tidak banyak yang mengira nama ini sebenarnya campuran bahasa Jawa dan bahasa Inggris.

Kata Ladon sendiri berarti ledu atau sisa banjir atau pasir. Sedangkan Little Island berarti pulau kecil. Jadi arti namanya tidak lain adalah pulau kecil dari sisa banjir atau pasir.

Benar saja, saat dilihat dari ketinggian memang mirip pulau melingkar.

BACA JUGA: Mendaki Menuju Keindahan di Gunung Andong Magelang

Untuk bisa masuk ke lokasi wisata ala pantai di kota Magelang ini ada biaya tiket retribusi yang dikenakan kepada pengunjung.

Tidak mahal, tiket masuknya hanya Rp2.000 saja per orang. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi juga ada biaya parkir, yakni Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Wahana di Ladon Little Island

Setiap pengunjung bebas berfoto sepuasnya di Ladon Little Island. Dijamin begitu kental suasana seolah liburan di pantai. Menariknya kesan pantai yang disuguhkan lebih hijau dengan background Pegunungan Menoreh.

Tidak hanya dimanjakan dengan pemandangan alam ala pantai di Magelang, para pengunjung bisa menikmati sejumlah wahana yang sudah disediakan.

Ada persewaan kuda, perahu karet, dan banyak jajanan khas untuk berwisata kuliner. Bagaimana? Sudah siap berkunjung ke destinasi wisata Magelang? ***

Pos terkait