Stadion Pakansari, Spot Wisata Olahraga di Kabupaten Bogor

Stadion Pakansari Bogor
Stadion Pakansari Kabupaten Bogor. (iStock)

TURISIAN.com – Bagi Sobat Turisian yang berada di Kabupaten Bogor dan sekitarnya, pasti sudah mengenal Stadion Pakansari. Selain sebagai venue sepak bola, kawasan stadion ini juga kini menjadi spot wisata olahraga, terutama bagi masyarakat lokal.

Stadion multifungsi ini berlokasi di Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Namanya pun sudah tenar berkat pertandingan bola berskala internasional yang sering berlangsung di stadion kebanggaan warga Kabupaten Bogor ini.

Setelah selesai pembangunannya pada tahun 2014 lalu, Stadion Pakansari menjelma menjadi venue olahraga, khususnya untuk pertandingan sepak bola. Serta menjadi stadion kandang baru dari Persikabo menggantikan markas lamanya, Stadion Persikabo.

Bersumber dari situs web stadiumdb.com, stadion ini berkapasitas 31.000 penonton. Stadion di Kabupaten Bogor ini juga menjadi venue untuk kompetisi atletik, drumben, hingga sepak bola Pekan Olahraga Nasional XIX.

Baca juga: Curug Cipamingkis, Wisata Alam Bogor Pas untuk Liburan Keluarga

Hebatnya lagi, Stadion Pakansari masuk dalam nominasi stadion terbaik dunia 2016 bersaing 29 stadion lainnya. Serta pernah menjadi venue Piala AFF 2016 menggantikan Stadion Utama Gelora Bung Karno yang sedang renovasi.

Tak hanya itu, pada 2018 lalu stadion ini terpilih sebagai venue sepak bola pria pada Pesta Olahraga Asia 2018, juga Kejuaraan Piala Asia U-19 yang berlangsung pada tahun yang sama.

Kegiatan Lain di Stadion Pakansari Bogor

Di luar pertandingan sepak bola berkelas, banyak masyarakat lokal menjadikan kawasan stadion ini sebagai tempat wisata olahraga dan wisata kuliner. Biasanya di pagi saat akhir pekan, banyak pengunjung yang berolahraga lari, bersepeda, bulutangkis, dan lainnya di area stadion ini.

Tempat wisata ini pun kerap menjadi area lapak para pedagang untuk menjual dagangannya. Ada yang menjual baju, suvenir, aneka jajanan kuliner, dan lainnya.

Baca juga: Berkunjung ke Kampung Budaya Sindangbarang, Paling Tua di Bogor

Bahkan tak sedikit warga atau wisatawan dari luar Bogor yang sengaja datang ke kawasan Stadion Pakansari. Karena penasaran atau hanya untuk sekadar berfoto-foto ataupun berwisata kuliner.

Di stadion ini pun kerap berlangsung event-event olahraga dan pariwisata, seperti event sepeda Lima Bukit Challenge 2022 pada tanggal 26 November 2022 mendatang.*

 

Pos terkait