Menikmati Kesejukan dan Keindahan Alam Bendungan Palasari

Bendungan Palasari Bali
Bendungan Palasari Bali. (Source: Pemkab Jembrana)

TURISIAN.com – Selain wisata pantai, saat Sobat Turisian di Bali bisa memilih alternatif wisata lainnya. Seperti Bendungan Palasari di Desa Ekasari, Kabupaten Jembrana ini. Di sini kalian bisa menikmati suasana alam yang sejuk dan indah, dengan pemandangan sebuah waduk besar.

Belum lagi pemandangan hutan lindung di sekitarnya, menjadikan tempat wisata tirta ini cukup banyak peminatnya. Sobat Turisian pun bisa sewa sampan, untuk berkeliling menikmati keindahan bendungan.

Bendungan Palasari yang terletak di Kabupaten Jembrana daerah paling barat Pulau Dewata ini, pembangunannya selesai pada tahun 1989. Dengan luas kutrang lebih 100 hektare dan volume airnya mencapai 8.000.000 m3.

Besaran tersebut membuatnya masuk dalam daftar bendungan besar Indonesia dan menjadi bendungan terbesar di Bali hingga saat ini. Selain berkontribusi dalam sistem irigasi, bendungan ini juga berpotensi untuk menjadi suatu objek wisata karena daya tarik alamnya.

Aktivitas Wisata di Bendungan Palasari Bali

Di kawasan waduk ini kerap berlangsung lomba motorcross dan offroad, karena tersedia areal khusus untuk arena ekstrem sport tersebut. Biasanya ada jadwal-jadwal tertentu untuk kegiatan lomba motorcross ini. Sobat Turisian bisa menyaksikannya langsung.

Baca juga: Terpukau Keindahan Air Terjun Juwuk Manis di Jembrana Bali

Bahkan tidak hanya menyaksikan lombanya, Sobat Turisian yang mempunyai hobi motorcross dan offroad dapat menyalurkan hobinya di tempat ini. Suasana arenanya yang indah dan jauh dari keramaian, membuat penikmat wisata alam petualangan ini juga betah berlama-lama.

Tujuan awal pembangunan Bendungan Palasari Jembrana, yaitu sebagai pengendalian bencana banjir dan irigasi. Namun daerah genangan waduk yang cukup luas sangat bermanfaat pula bagi usaha perikanan air tawar.

Di sini terdapat banyak aneka ikan air tawar, seperti ikan mujair, nila, gurame, gabus, lele, kaper, udang, dan masih banyak jenis ikan air tawar lainnya. Buat Sobat Turisian yang berkunjung ke destinasi wisata Bali yang satu ini bisa juga menyalurkan hobi memancingnya.

Ketika berkunjung ke Bendungan Palasari ini pun, Sobat Turisian bisa sekalian mampir ke objek wisata lain di dekatnya. Seperti Goa Maria dan Gereja Katedral yang sering banyak wisatawan Umat Khatolik untuk wisata rohani.

Baca juga: Sensasi Pacu Adrenalin Lewat Surfing di Pantai Medewi Jembrana Bali

Lokasinya juga strategis karena dekat dengan Pelabuhan Gilimanuk. Salah satu pintu masuk para pendatang dari luar Bali, khususnya dari Pulau Jawa.*

 

Pos terkait