Yuk Kenali Para Pejuang Kemerdekaan Indonesia di Museum PETA Bogor!

Musuem PETA Bogor
Musuem PETA Bogor.

TURISIAN.com – Saat liburan akhir pekan di Kota Bogor, Sobat Turisian jangan lupa ajak keluarga terutama anak-anak ke Museum PETA Bogor. Di sini kalian bisa rekreasi sambil edukasi mengenal para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia. Khususnya yang tergabung dalam satua Pembela Tanah Air (PETA).

Tentara PETA sendiri merupakan tentara kebangsaan yang oleh pemimpin-pemimpin pergerakan kebangsaan Tanah Air saat itu dipersiapkan untuk menjadi tentara kebangsaan Negara Indonesia Merdeka. Di Kota Bogor inilah pertama kali terselenggara pembentukan taruna-taruna yang kemudian melahirkan perwira-perwira Tentara Sukarela Pembela Tanah Air dan Tentara Kebangsaan Indonesia.

Di bumi prajurit Pabaton Bogor inilah telah bangkit jiwa keprajuritan kebangsaan Indonesia yang menggerakkan setiap perwira Tentara Sukarela Pembela Tanah Air. Untuk di kemudian hari berperan di dalam gerakan persiapan Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia sampai pada pembentukan Badan Keamanan Rakyat (BKR) yang menjadi cikal bakal Tentara Nasional Indonesia.

Bangunan Museum PETA Bogor

Museum di Kota Bogor ini menempati bangunan heritage yang pembangunannya oleh tentara KNIL pada tahun 1745. Gedung berarsitektur Eropa (Inggris) ini, pada awalnya sebagai tempat tinggal para pengawal gubernur jenderal.

Baca juga: Rancamaya Golf and Country Club, Spot Wisata Olahraga di Dataran Tinggi Bogor

Kemudian beralihfungsi menjadi tempat mencetak para jenderal oleh Jepang dan berakhir sebagai museum. Persiapan pendirian Museum PETA Bogor ini mulai pada tanggal 14 November 1993 dengan peletakan batu pertamanya oleh Wakil Presiden RI kala itu, yaitu Umar Wirahadikusumah.

Koleksi Museum PETA Bogor

Begitu Sobat Turisian mengunjungi museum ini akan menyegarkan ingatan mengenai peran dan pentingnya pendidikan kemiliteran. Dalam mendukung perjuangan politik menegakkan kemerdekaan RI.

Koleksi Museum PETA Bogor ini sama seperti umumnya museum sejarah, penyajiannya dalam bentuk diorama. Di dalamnya terdapat 14 diorama yang menceritakan tentang peristiwa pembentukan tentara PETA dan beberapa kontribusinya. Dalam proses pergerakan kebangsaan untuk mencapai kemerdekaan.

Selain itu, Sobat Turisian juga bisa melihat relief atau monumen yang menceritakan dari awal terbentuknya tentara PETA. Serta terjadinya pertempuran tentara PETA melawan penjajah. Ada pula koleksi patung, perlengkapan perang, meriam, dan senjata lainnya.

Baca juga: 3 Bubur Legendaris Kota Bogor, Pas Buat Memulai Hari Berenergi

Di halaman depan Museum PETA Bogor, Sobat Turisian bisa melihat patung Jenderal Soedirman dan patung-patung pejuang lainnya. Termasuk taman yang tertata indah dan asri. Lokasinya di Jl. Jend. Sudirman No.35, RT.01/RW.05, Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.*

 

 

Sumber & Foto: Dispar Kota Bogor

Pos terkait