Menelusuri Museum Kereta Api, Dari Ambarawa Hingga Sawah Lunto

Museum Kereta Api
Museum Kereta Api Ambarawa. (Dok.PT KAI)

TURISIAN.com – Guys, apa kabar nih? Sobat Turisian, mau cerita nih tentang beberapa museum kereta api yang keren banget di Indonesia.

Kalian pasti pernah naik kereta api, kan? Nah, di museum-museum ini, kalian bisa tau sejarah kereta api di Indonesia dan juga lihat koleksi-koleksi yang unik!

Museum Ambarawa

Museum Ambarawa tuh sebenernya dulu stasiun kereta api yang namanya Stasiun Willem I. Stasiun ini dibangun dari jaman penjajahan Belanda, lho. Sekarang, stasiun ini udah jadi museum yang keren abis.

BACA JUGA: Jadwal Terbaru Keberangkatan Kereta Bandara YIA, Berapa Harga Tiketnya?

Di sini kalian bisa lihat berbagai koleksi kereta api dari jaman Belanda sampai jaman kemerdekaan.

Ada lokomotif uap, lokomotif diesel, kereta, dan gerbong yang keren-keren banget! Nah, kalian juga bisa ikut wisata naik kereta api yang masih beroperasi di sini, loh. Seru banget deh!

Museum Kereta Api Sawah Lunto

Di kota Sawah Lunto, Sumatera Barat, ada museum kereta api yang keren banget. Museum ini ngebahas sejarah kereta api yang berhubungan sama tambang batu bara di daerah situ.

Jadi, sebenernya kereta api di daerah ini dulunya dipake buat angkut batu bara, loh. Di museum ini, kalian bisa lihat koleksi lokomotif uap yang udah direstorasi dengan baik.

Yang paling terkenal itu Lokomotif Uap bergigi yang biasa dipanggil “Mak Itam”. Selain itu, kalian juga bisa coba sensasi berwisata naik kereta api Mak Itam ini, pasti seru!

BACA JUGA: Ngehabisin Waktu Liburan, Coba Deh Naik Kereta Api Maros-Barru, Keren Tau

Gerbong Maut

Museum Kereta Api Bondowoso

Museum ini adalah museum kereta api pertama di Jawa Timur, guys. Awalnya, museum ini tuh stasiun yang namanya Stasiun Bondowoso.

Dulu stasiun ini penting banget buat angkutin barang-barang penting, kayak tembakau, kopi, beras, dan teh dari daerah Jember, Banyuwangi, Bondowoso, sama Situbondo.

Tapi yang paling bikin terkenal stasiun ini adalah peristiwa Gerbong Maut, waktu pemindahan tawanan pejuang Indonesia.

BACA JUGA: Ada Perubahan Jadwal Kereta Api Bandara Nih Guys, Catat Waktunya Ya..

Sebanyak 46 pejuang gugur dalam peristiwa itu, guys. Sekarang stasiun ini udah jadi museum yang keren banget.

Di sini kalian bisa lihat koleksi lokomotif dan gerbong tua yang udah dipulihkan dengan baik. Pastinya bakal seru dan bikin kalian tau lebih banyak tentang sejarah kereta api di Jawa Timur.

Lawang Sewu

Nah, ini dia yang paling terkenal! Lawang Sewu tuh gedung bersejarah yang dulunya kantor pusat perusahaan kereta api Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM).

Bangunannya megah banget, guys! Gedung ini udah jadi museum sekarang yang nampilin koleksi-koleksi sejarah perkeretaapian di Indonesia.

BACA JUGA: Seru Nih! Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung Bakal Uji Coba Sesungguhnya

Ada Alkmaar, mesin Edmonson, mesin hitung, replika lokomotif uap, dan masih banyak lagi. Kalian juga bisa sewa gedung ini buat kegiatan keren, kayak pameran, konser, dan lain-lain.

Jadi, kalau kalian suka banget sama kereta api dan pengen tau lebih banyak tentang sejarahnya, jangan lupa mampir ke museum-museum keren ini.

Pasti bakal seru banget, dan kalian bisa ngerti gimana pentingnya kereta api dalam sejarah dan perkembangan Indonesia. Yuk, jalan-jalan ke museum! ***

Pos terkait