Yuk Tambah Pengetahuan Soal Lingkungan di Desa Wisata Sukunan Sleman!

Desa Wisata Sukunan Sleman
Suasana di Desa Wisata Sukunan, Sleman, DIY. (Source: Dispar Sleman)

TURISIAN.com – Kalau Sobat Turisian lagi nyari tempat wisata keluarga yang memberikan sensasi liburan yang seru dan sarat pengetahun, bisa coba datang ke Desa Wisata Sukunan saja. Daerah ini terkenal sebagai desa wisata berbasis lingkungan atau ecotourism.

Lokasinya terletak di Dusun Sukunan, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Desa Sukunan sudah menjadi langganan kunjungan wisatawan dari berbagai daerah untuk berwisata sekaligus belajar pengelolaan sampah. Sobat Turisian pun juga bisa mengajak keluarga untuk merasakan liburan yang anti mainstream di tempat ini.

Sebagai destinasi ecotourism, Desa Wisata Sukunan tak hanya menawarkan wisata yang menyenangkan. Tetapi juga penuh dengan edukasi kebersihan lingkungan. Sehingga menambah pengetahuan kalian soal lingkungan.

Saat berkunjung ke sini, Sobat Turisian akan mendapat pembelajaran tentang lingkungan. Mulai dari belajar sistem pengelolaan sampah mandiri, pelatihan pembuatan kerajinan dari plastik, pembuatan kerajinan dari kain perca, hingga pelatihan membuat kompos rumah tangga.

Kegiatan yang ada di Desa Wisata Sukunan sangat ramah keluarga dan segala usia. Dari anak-anak sampai orang tua bisa berkunjung ke sini untuk belajar mengelola sampah secara mandiri. Jadi Sobat Turisian tidak perlu khawatir ketika hendak membawa serta orang tua atau anak-anak yang masih kecil liburan ke objek wisata ini.

Baca juga: Desa Wisata Kali Opak Tujuh Bulan Sleman, Wisata Kekinian dengan Spot Foto Instagrammable

Setelah belajar pengelolaan sampah, pihak pengelola akan mengajak Sobat Turisian bersama keluarga atau rombongan untuk melihat atraksi khas pedesaan. Seperti angon bebek, membajak sawah dengan kerbau dan sapi, menanam padi, hingga memanen padi.

Berburu Oleh-oleh Desa Wisata Sukunan

Ada satu hal lagi yang tak boleh kalian lewatkan saat berkunjung ke desa wisata di Sleman ini, yaitu berburu oleh-oleh. Tak usah bingung karena di sini tersedia barang-barang yang unik dan lucu hasil karya warga desa setempat.

Banyak beraneka pernak-pernik seperti tas, dompet, bunga-bunga kecil, hingga jaket pun ada. Semuanya bisa Sobat Turisian jadikan oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman.

Harganya juga variatif dan masih terbilang terjangkau. Pastinya akan jadi oleh-oleh ikonik dan beda dari yang lain. Dengan membeli oleh-oleh di desa ini berarti Sobat Turisian sekaligus berperan dalam kebersihan lingkungan.

Baca juga: Wajib Coba! Soto Tengkleng Legendaris Sleman yang Satu Ini!

Nah, buat Sobat Turisian yang membutuhkan akomodasi penginapan, Desa Wisata Sukunan juga menyediakan rumah-rumah warga setempat sebagai homestay. Tak hanya sekadar  menginap namun juga kalian bisa merasakan kehidupan keseharian warga desa ini secara langsung. Tentunya akan menjadi pengalaman langka dan berharga yang bisa kalian rasakan.*

 

Pos terkait